RADAR JOGJA- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo kini mencanangkan pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di seluruh kalurahan. Dengan adanya kelompok tersebut diharapkan nantinya masyarakat bisa memperoleh informasi lengkap berbasis kewilayahan.

Kepala Diskominfo Kulonprogo Rudiyatno menjelaskan, memasuki era teknologi dan informasi seperti saat ini sudah saatnya masyarakat bisa memperoleh informasi yang lengkap secara mudah. Sehingga menurutnya KIM perlu hadir di seluruh kalurahan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

KIM bukan sebuah lembaga pemerintah. Namun lebih kepada lembaga informal yang dibentuk dibawah pertanggung jawaban pemerintah kalurahan. Adapun fungsinya, untuk memberikan informasi maupun menerima informasi dari masyarakat.

Informasi dalam KIM juga bersifat lebih umum dan fleksibel serta idak hanya terkait dengan penyelenggaraan pemerintahan saja. Akan tetapi bisa mengangkat tema-tema tertentu yang perlu diketahui masyarakat.

“Seperti bagaimana mengembangkan suatu produk, pemasaran produk, pemanfaatan teknologi informasi, dan sebagainya,” katanya Selasa (13/4).

Sementara itu Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statistik (IKPS) Diskominfo Kulonprogo, Bambang Susilo menuturkan, tahun 2021 ini pihaknya menargetkan KIM bisa terbentuk di seluruh kalurahan.

Dimana saat ini baru ada 11 KIM dari enam kapanewon yang sudah terbentuk dan aktif dalam pendampingan pihaknya.

“Target pada tahun 2021 ini bisa terbentuk KIM di setiap kalurahan di kabupaten Kulonprogo,” jelasnya.

Bambang menyampaikan kehadiran KIM diharapkan bisa membangun masyarakat yang cerdas dalam mengkonsumsi dan memanfaatkan informasi. Sehingga dalam upaya pemberdayaan masyarakat di kalurahan juga bisa lebih maju.

Menurutnya, di era serba online seperti saat ini semua kegiatan kemasyarakatan, pemerintahan maupun kegiatan lain sangat dibatasi. Sehingga tidak semua informasi bisa disampaikan ke masyarakat.

“Harapannya dengan adanya KIM segala kegiatan, aktivitas maupun informasiĀ  bisa tersampaikan. Tidak hanya di masyarakat satu kalurahan tetapi bisa di masyarakat yang lebih luas. Sehingga KIM dapat berperan di era virtual,” katanya. (inu/sky)

Kulonprogo