RADAR JOGJA- Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIJ resmi menyerahkan QUAT (QRIS Ultimate Automated Transaction) kepada seluruh destinasi wisata yang dikelola Pemkab Kulonprogo. Seremonial penyerahan sistem pembayaran digital tersebut digelar di destinasi wisata Pantai Pasir Kadilangu, Rabu (7/4).

Direktur Utama BPD DIJ Santoso Rohmad menyampaikan, penyerahan QUAT kepada destinasi wisata se-Kulonprogo ini adalah sebagai upaya pihaknya mendukung transaksi digital saat ini. Sehingga nantinya, destinasi wisata maupun kuliner di wilayah tersebut bisa menggunakan sistem pembayaran yang lebih modern.

“Ini juga untuk menyiapkan kesiapan masyarakat yang bergerak di bidang wisata , untuk menerima kunjungan wisata dari manapun,” ujarnya disela kegiatan.

Transaksi digital khususnya dengan QUAT merupakan salah satu sistem pembayaran yang praktis sekaligus aman. Namun tetap bisa diintegrasikan dengan kanal pembayaran yang lain.

Santoso  menargetkan sebanyak 10 ribu titik destinasi wisata di DIJ bisa terintegrasi dengan QUAT . Selain destinasi wisata, nantinya kuliner dan UMKM juga diproyeksikan bisa melakukan transaksi digital menggunakan sistem yang dikembangkan BPD DIJ tersebut.

“Bagi UMKM ini merupakan kesempatan besar. Karena pembayaran lebih mudah dan aman serta meningkatkan perluasan akses pasar,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito mengapresiasi kegiatan penyerahan sistem pembayaran digital kepada destinasi wisata di Kulonprogo tersebut. Menurutnya, upaya itu akan sangat membantu sistem pembayaran bagi wisatawan. Terlebih dengan situasi pandemi seperti saat ini transaksi non fisik memang sangat diperlukan.

Untuk memaksimalkan sistem pembayaran secara digital di destinasi wisata di Kulonprogo. Pihaknya masih terkendala masalah jaringan internet. Sebab untuk destinasi wisata yang berada di wilayah terpencil, koneksi internet terbilang masih sangat lemah.

“Saat ini ada delapan titik destinasi wisata yang sudah menggunakan transaksi digital. Untuk uang lainnya kami masih terkendala jaringan,” ujarnya. (inu/sky)

Kulonprogo