RADAR JOGJA- PT Angkasa Pura (AP) I (Persero), Kamis  (1/4) menerapkan layanan Genose, di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo. Tarif Genose tersebut Rp 40 ribu.

Sebagian penumpang bandara cukup senang dengan tersedianya alat deteksi Covid-19 besutan UGM tersebut. Tak lain karena waktu tes lebih cepat dan harganya yang murah dibanding metode lainnya.

Salah satu calon penumpang di YIA, Wilfrida Pramudhita,25, mengaku hanya menunggu kurang dari 10 menit untuk bisa mendapatkan hasil tes deteksi Covid-19 dari GeNose yang tersedia di bandara tersebut. Menurutnya, lama waktu tunggu itu lebih cepat jika dibandingkan dengan metode deteksi lainnya. Seperti rapid antigen atau swab test.

Wilfrida juga puas karena harga untuk test GeNose lebih murah dibandingkan layanan lainnya.

“Cukup senang sih dengan tersedianya GeNose di YIA ini. Karena untuk tes lebih cepat dan tidak perlu ditusuk-tusuk lagi seperti swab atau rapid. Selain itu harganya juga lebih murah,” ujar ¬†perempuan yang akan berangkat ke Batam ini.

Sementara Pelaksana Tugas Sementara General Manager (PTS GM) Angkasa Pura I YIA, Agus Punda Purnama menyampaikan ,bahwa layanan GeNose akan beroperasi mulai pukul 4 pagi hingga 7 malam. Di bandara tersebut disediakan sebanyak lima alat tes dan satu alat cadangan.

Adapun petugas pelayanan yang berjaga, lanjut Pandu, pihaknya akan mensiagakan sebanyak 16 orang. Dengan asumsi waktu pelayanan sekitar sepuluh menit per orangnya.

Kemudian untuk jumlah kantong wadah udaranya, pihak bandara akan menyediakan sebanyak 2.000 kantong perharinya. Jumlah tersebut sudah dilebihkan dari jumlah rata-rata keberangkatan di YIA yang sebanyak 1.500 orang perhari.

“Nanti akan kami evaluasi setelah pelaksanaan perdana ini, untuk mengantisipasi animo penumpang yang melebihi jumlah kantong udara saat ini,” katanya.

Pandu menambahkan, bahwa GeNose di YIA hanya diperuntukkan bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket. Untuk waktu berlakunya hasil tes maksimal 1 x 24 jam.

Pandu menghimbau bagi calon penumpang yang ingin melakukan tes GeNose bisa datang tiga jam sebelum keberangkatan pesawat supaya tidak tergesa-gesa. Terlebih juga ada proses registrasi dan penyesuaian bagi calon penumpang yang belum permah melakukan tes dengan GeNose.

“Pendaftaran paling tidak bisa memakan waktu 15 menit. Dan ini lebih praktis serta murah dibandingkan layanan lainnya”tambahnya. (inu/sky)

Kulonprogo