RADAR JOGJA- Puluhan pengguna jalan terjaring dalam operasi yustisi saat melintas di Jalan Dekso, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulonprogo. Mereka ditindak karena tidak patuh dalam penerapan protokol kesehatan.

Panewu Kalibawang Heri Darmawan mengatakan, bahwa operasi yustisi tersebut digelar oleh satuan tugas (satgas) kalurahan dan kapanewon di wilayahnya. Satgas menyasar semua pengguna motor dan mobil yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Salah satu fokusnya adalah penggunaan masker.

“Operasi yustisi ini rutin kami lakukan selama 2 sampai 3  kali dalam seminggu. Apabila ditemukan pelanggaran kami berikan sanksi peringatan,” ujarnya, Rabu (24/3).

Heri menjelaskan, adapun tujuan operasi tersebut yakni sebagai upaya pencegahan Covid-19 selama pemberlakuan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM). Dimana kebijakan tersebut juga resmi diperpanjang hingga 5 April 2021 mendatang.

Heri berharap operasi tersebut bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan Covid-19. Sehingga kemudian berdampak pada menurunnya kasus penularan di Kulonprogo.

“Dengan operasi ini harapannya kepatuhan masyarakat terhadap penggunaan masker menjadi meningkat,” harapnya.

Salah satu pelanggar operasi yustisi Yuniarto mengatakan, terjaring razia karena lupa memakai masker saat berpergian dengan kendaraannya. Ia mengaku diberi sebuah surat peringatan dan berjanji tak akan mengulangi.

Yuniarto mengaku tak merasa terganggu dengan operasi yustisi tersebut. Namun justru mengapresiasi langkah satgas di wilayah tersebut dalam upaya pencegahan Covid-19.

“Menurut saya bagus jika ada operasi ini karena mengingatkan untuk patuh terhadap prokes,” ujarnya. (inu/sky)

Kulonprogo