RADAR JOGJA – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Wates menggelar razia di rutan setempat Kamis (4/3). Hasilnya, sejumlah barang yang tidak semestinya seperti korek, alat pelinting rokok dan paku berhasil disita dari para tahanan.

Kepala Rutan Kelas II B Wates, Deny Fajariyanto mengatakan, ada sebanyak 48 tahanan yang dirazia oleh petugas lapas dan personil Polres Kulonprogo. Hasilnya, para napi diketahui menyimpan berbagai benda terlarang.
“Paku dan korek api ini ditengarai digunakan untuk hal-hal yang kita tidak inginkan,” ungkap Deny disela razia kemarin.

Lebih lanjut, Deny menyatakan selain melakukan razia kepada narapidana dan ruang tahanan, petugas juga melakukan tes urin kepada narapidana maupun petugas lapas guna mengantisipasi penggunaan narkoba di dalam rutan.
Untuk petugas pemeriksaan urin dikakukan acak terhadap sepuluh petugas. Dari hasil pemeriksaan tersebut, Deny mengklaim para petugas maupun narapidana tidak ada satupun yang menggunakan narkoba. “Alhamdulillah, hasilnya negatif semua,” ucapnya.

Sementara, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DIJ Gusti Ayu Putu Suwardani, mengatakan bahwa upaya razia yang melibatkan petugas gabungan tersebut. Merupakan salah satu upaya pihaknya untuk memutus peredaran gelap narkoba. Serta mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di dalam rutan. “Razia kami lakukan di seluruh lapas maupun rutan yang ada di DIJ,” terang Gusti Ayu. (inu/bah)

Kulonprogo