RADAR JOGJA – Jajaran Polres Kulonprogo menangkap 11 tersangka pengedar narkoba yang beroperasi di wilayah Kulonprogo, Sleman, dan Jogja. Dari penangkapan tersebut juga diamankan ribuan pil putih berlogo Y atau Yarindo.

Kasatresnarkoba Polres Kulonprogo AKP Irwan menyatakan, penangkapan puluhan tersangka tersebut merupakan hasil pengungkapan pihaknya selama periode Januari hingga Februari 2021. Ada sebanyak 11 tersangka yang merupakan jaringan pengedar obat-obatan terlarang yang beroperasi di wilayah hukum Polres Kulonprogo.

Selain mengamankan 11 tersangka, jajaran Polres Kulonprogo juga berhasil menyita sebanyak 1.359 butir pil tanpa izin edar dari tangan para pelaku sebelum berhasil diedarkan. “Para pelaku diketahui mendapat barang haram tersebut secara online dari penjual yang ada di Jakarta,” ujar AKP Irwan.

Sementara itu, dari keterangan salah satu pentolan pelaku berinisial FB, dia mengedarkan pil-pil tersebut untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Pria yang juga mengaku sebagai satpam mengatakan melakukan hal buruk ini karena membutuhkan uang yang banyak untuk biaya persalinan istrinya.

“Keuntungan dalam menjual pil-pil ini saya dapat sebesar satu juta. Uangnya untuk menutupi kebutuhan sehari-hari dan biaya melahirkan istri saya,” ujar pelaku. (inu/ila)

Kulonprogo