RADAR JOGJA – Memperingati Hari Pers Nasional (HPN) yang jatuh 9 Februari 2021 mendatang. Paguyuban Wartawan Kulonprogo (PWK) menggelar berbagai kegiatan sosial. Di antaranya pemberian bantuan sembako hingga penanaman bibit di lokasi agrowisata.

Pemberian bakti sosial (baksos) berupa sembako sudah dilakukan pada Jumat (5/2) lalu yang diserahkan kepada anak-anak di Panti Asuhan Muhammadiyah Wates. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyaluran 100 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 di Kalurahan Triharjo pada Sabtu (6/2).

Sementara untuk kegiatan penanaman bibit pohon, oleh PWK sudah dilaksanakan Minggu (7/2) di wilayah Agrowisata Embung Blubuk yang berada di Kapanewon Pengasih. Adapun bibit yang ditanam adalah jenis pohon dan jambu air yang berjumlah 300 bibit. Kemudian hari ini, puncak HPN di Kulonprogo akan diisi dengan sarasehan yang mengusung tema Peran Pers Profesional Mengawal Masyarakat Sehat yang digelar di Gedung Kaca Kompleks Pemkab Kulonprogo.

Ketua PWK, Asrul Sani menyampaikan, kegiatan baksos dan penanaman bibit pohon ini merupakan wujud kepedulian insan pers terhadap kondisi masyarakat dan lingkungan di Kulonprogo saat ini. Terkhusus saat kondisi pandemi seperti sekarang tentu banyak masyarakat yang membutuhkan uluran tangan. “Setiap HPN, kami selalu berusaha memperingatinya dengan sederhana namun penuh makna. Salah satunya dengan kegiatan baksos dan penanaman pohon seperti saat ini,” ujar Asrul disela kegiatan penanaman bibit pohon, Minggu (7/2).

Meski peringatan HPN di Kulonprogo merupakan kegiatan rutin, Asrul mengungkapkan bahwa untuk tahun ini ada beberapa kegiatan yang dibedakan. Hal tersebut merujuk kepada kondisi pandemi Covid-19 yang harus menerapkan protokol kesehatan ketat.

Pada peringatan HPN tahun 2020 lalu, PWK menggelar kegiatan berupa bedah rumah bagi warga miskin serta penanaman 2020 bibit pohon di Pantai Glagah sebagai upaya pengamanan sabuk hijau di wilayah bandara YIA”Meskipun demikian, saya begitu berharap agar manfaat dari kegiatan yang kami gelar bisa benar-benar dirasakan masyarakat,” imbuh Asrul.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo menyambut baik kegiatan sosial yang digelar oleh PWK. Ia pun memberikan apresiasi kepada paguyuban yang beranggotakan wartawan di Kulonprogo tersebut.Sutedjo menyampaikan bahwa setiap tahun PWK selalu “Saya haturkan terimakasih banyak kepada PWK untuk kesekian kalinya, yang menunjukkan kepedulian sosial dan lingkungan demi kemajuan Kulonprogo kedepannya,” kata Sutedjo (inu/pra)

Kulonprogo