RADAR JOGJA – Stok vaksin Covid-19 untuk kabupaten Kulonprogo dijadwalkan tiba di Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat pada hari ini (27/1). Adapun jumlah vaksin yang akan diterima mencapai sebanyak 5.480 dosis.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati menyampaikan, bahwa pihaknya telah melaksanakan koordinasi terkait penerimaan vaksin. Penyiapan gudang tempat penyimpanan vaksin pun juga sudah dilakukan.

Baning mengungkapkan, upaya tersebut dilakukan guna menyambut distribusi vaksin dari pemerintah daerah ke Kulonprogo yang dilakukan pada hari ini. Untuk vaksin yang diterima rencananya akan berjumlah 5.480 dosis.
“Untuk Kulonprogo vaksin akan didistribusikan hari ini (27/1) dengan jumlah vaksin 5480 dosis. Kami saat ini telah melakukan koordinasi persiapan penerimaan vaksin dan menjadwalkan kick off atau pencanangan di kulonprogo,” ujar Baning, Selasa (26/1).

Lebih lanjut, Baning menjelaskan bahwa untuk program kickoff atau pencanangan vaksinasi tahap pertama rencananya juga akan digelar oleh Dinkes di minggu ini. Dengan sasaran sebanyak sepuluh tokoh, mulai dari unsur pemerintahan, forkompinda, tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Kemudian terkait dengan model vaksinasi nanti, ia menyatakan bahwa gugus tugas Kulonprogo akan menyiapkan pola empat meja.

Baning menjelaskan pada model tersebut akan dilakukan vaksinasi dengan empat tahap. Adapun tahap pertama, yakni proses pendaftaran di meja pertama dengan menunjukkan e-tiket yang sudah diterima. Kemudian berlanjut di meja kedua, yakni tahap screening untuk melihat kontra indikasi calon penerima vaksin.

Jika memenuhi syarat, maka akan berlanjut ke meja tiga untuk dilakukan penyuntikan vaksin. Lalu di meja keempat atau meja observasi, akan dilihat dampak penerima vaksin atau kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pasca penyuntikan. Penerima vaksin akan diminta menunggu selama 30 menit.
“Apabila ada KIPI maka akan ditindak lanjuti oleh petugas. Namun apabila kemudian tidak ada maka diperbolehkan langsung pulang dan dua minggu berikutnya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan,” ujar Baning.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kulonprogo Astungkara menyatakan bahwa dalam pelaksanaan vaksinasi tahap pertama tersebut, pemkab Kulonprogo sudah menyiapkan sebanyak 24 titik penyuntikan. “Ada 22 puskesmas dan 2 rumah sakit yang kami jadikan titik penyuntikan vaksin di Kulonprogo,” ujarnya. (inu/bah)

Kulonprogo