RADAR JOGJA – Masyarakat Kulonprogo sepertinya harus mulai waspada terhadap kasus pencurian kendaraan. Pasalnya sudah ada dua kejadian yang menyasar pencurian sepeda motor dan sepeda onthel yang terjadi di awal tahun ini.

Kasubbag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffry mengungkapkan, untuk kasus pencurian sepeda motor terjadi di wilayah Kalurahan Banjarsari, Kapanewon Samigaluh pada Sabtu (9/1). Adapun kronologi kehilangan terjadi ketika kendaraan korban bernama Muhammad Dihan Ismunanto,25 berjenis Honda Beat dengan nomor polisi AB 2778 CU hilang di garasi rumahnya sekitar pukul 14.30. Korban kemudian melaporkan kejadian tersebut pada Jumat (15/1).

Dari pelaporan tersebut, lanjut Jeffry, kemudian Tim Buser Polres Kulonprogo melakukan penyelidikan. Hingga pada Minggu (17/1) seorang penadah sepeda motor yang curian berhasil ditangkap di wilayah Samigaluh. Adapun tersangkanya bernama Noviyanto,28 warga Magelang dan dari tangan pelaku berhasil diamankan barang bukti motor Honda Beat dengan nomor polisi AB 2778 CU. Kepolisian saat ini juga tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku utama curanmor tersebut.”Saat ini Tim Buser Polres Kulonprogo tengah melakukan penyelidikan guna menemukan tersangka utama,” terang Jeffry Kamis (17/1).

Di wilayah lain, kasus pencurian menyasar kendaraan berjenis sepeda onthel. Pada kejadian ini satu tersangka utama berhasil diamankan.Jeffry mengungkapkan bahwa kasus pencurian sepeda tersebut terjadi di wilayah Kapanewon Pengasih. Adapun barang bukti yang diamankan berupa sepeda merek Atlantis seharga Rp.1.500.000 milik korban bernama Heny Widiastuti.

Kronologi pencurian sepeda ini terjadi pada Sabtu (16/1) sekitar pukul 02.00, dimana tersangka bernama Agus Priyanto,28 warga Demak, Jawa Tengah masuk melalui pintu gerbang rumah yang tidak dikunci. Setelah berhasil menggondol barang milik korban, kemudian pelaku kabur dengan menuntun sepeda curiannya. Sayangnya aksi pelaku berhasil diketahui oleh korban dan pelaku ditangkap untuk kemudian digelandang ke Polsek Samigaluh. “Untuk pelaku kami beratkan pasal tentang pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat (1) ke 3e KUHP,” ujar Jeffry. (inu/pra)

Kulonprogo