RADAR JOGJA – Rencana pengiriman transmigran asal Kulonprogo masih tertunda karena kondisi pandemi Covid-19 saat ini. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi setempat pun belum dapat memastikan keberangkatannya tahun ini.

Kepala Bidang Transmigrasi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulonprogo, Heri Widodo menyampaikan, terkait program transmigrasi pihaknya belum menerima keputusan dari pemerintah pusat. Ia pun belum dapat memastikan keberangkatan para transmigran dari wilayah Kulonprogo yang seharusnya diberangkatkan tahun lalu.

Heri menjelaskan, untuk program transmigrasi di 2020 memang ditiadakan karena situasi pandemi. Sehingga rencananya, untuk kuota di tahun tersebut akan diberangkatkan di awal tahun ini. Kemudian program transmigrasi di tahun ini akan diberangkatkan di akhir tahun nanti.”Namun hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari provinsi dan pusat untuk keewenangan program transmigrasi. Sehingga kami belum dapat memastikan adanya pengiriman,” ujar Heri, Rabu (20/1).

Heri menyampaikan, untuk program transmigrasi di tahun 2020 kemarin. Pihaknya menyediakan kuota sebanyak 15 kepala keluarga (KK). Namun dikurangi sebanyak lima KK karena salah satu daerah tujuan transmigran yakni Sidrap di Sulawesi Selatan, dirasa kurang siap untuk wilayah pemukiman.

Kemudian untuk kuota yang tersedia, di antaranya provinsi Bulungan Kalimantan Utara sebanyak dua KK, provinsi Mahalona Sulawesi Selatan tiga KK dan provinsi Mamuju Sulawesi Barat sebanyak lima KK. Dari sepuluh kuota yang disediakan, kini sudah ada sebanyak sembilan KK yang terdaftar. “Dari sembilan KK ini tidak semuanya ansih untuk memenuhi masing-masing lokasi. Karena ada yg kelebihan dan kekurangan. Yang kelebihan ada di Bulungan sebanyak empat peminat, Mahalona ada empat, dan di Mamuju terseok-seok karena tidak ada pendaftar sebab komoditasnya kurang menarik,” ujar Heri.

Terkait dengan adanya penundaan ini, Heri menyatakan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan para calon transmigran. Guna menyampaikan tentang perkembangan tentang kepastian program transmigrasi.(inu/pra)

Kulonprogo