RADAR JOGJA – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kulonprogo genap berusia 68 tahun Selasa (19/1). Mengingat masih berlangsung di masa pandemi, dalam peringatan hari jadi tersebut para legislator merayakannya dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Ketua DPRD Kulonprogo, Akhid Nuryati menyampaikan bahwa dalam rangkaian hari jadi DPRD Kulonprogo yang ke-68 ini memang digelar sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Dikarenakan masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka perayaannya pun dibuat lebih sederhana.

Meskipun demikian, pada peringatan ulang tahun yang ke-68 tahun itu, Akhid menyatakan DPRD Kulonprogo tetap menggelar berbagai apresiasi dan perlombaan. Yang kemudian diorientasikan untuk meningkatkan kinerja lembaga dan masyarakat di Kulonprogo.

Diantaranya, apresiasi kepatuhan pembayaran pajak ditingkat lurah. Serta apresiasi bagi anggota yang dicerminkan melalui tingkat kehadiran saat mengikuti sidang paripurna baik bagi anggota maupun fraksi.

“Kemudian lomba, kami di DPRD ambil bagian dalam mempromosikan tempat-tempat wisata lokal. Yakni dengan mengadakan lomba foto di destinasi wisata yang ada di Kulonprogo,” ujar Akhid usai sidang Paripurna HUT DPRR Kulonprogo, kemarin (19/1).

Menyambut usia yang sudah menginjak lebih dari kepala enam ini, Akhid menyatakan, DPRD Kulonprogo kedepan juga akan lebih menguatkan sinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kulonprogo. Khususnya dalam rangka perencanaan dan pengawasan pembangunan yang tepat agar sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

“Dalam tugas kami di legilasi, kami terus berusaha sebaik mungkin untuk mengahasilkan sebuah keputusan atau legal standing sesuai kebutuhan masyarakat,” ujar politikus dari Fraksi PDIP ini.

Dalam agenda yang sama, Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Kulonprogo Priyo Santoso berharap agar DPRD Kulonprogo ke depan bisa terus mewujudkan program-program yang dibutuhkan masyarakat. Terlebih dalam upaya mengatasi masalah yang dihasilkan dari pandemi ini. “Sehingga bisa mewujudkan Kulonprogo yang lebih maju,” ucap Priyo.

Sementara Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap agar peringatan hari jadi DPRD Kulonprogo bisa menjadi pemacu semangat supaya para legislator bisa bekerja lebih konsisten. Khususnya dalam melaksanakan tugas dan kewajibannya sebagai wakil rakyat.

Sutedjo menilai selama ini kinerja DPRD Kulonprogo sudah cukup baik. Kendati demikian, ia berharap agar peran legislator di Bumi bisa terus ditingkatkan.

“Saya berharap fungsi dewan benar-benar bisa dilaksanakan. Jangan sampai muncul niatan lain yang tujuannya bukan untuk mensejahterakan masyarakat,” ungkap Sutedjo. (inu/bah)

Kulonprogo