RADAR JOGJA – Remaja asal Kalurahan Jatimulyo Kapanewon Girimulyo Kabupaten Kulonprogo, Agung Rubeto alias AR,17 nekat membakar rumahnya karena tak dibelikan motor. Atas tindakan tersebut AR kemudian dilaporkan ke polisi oleh orangtuanya.

Kabag Humas Polres Kulonprogo, Iptu I Nengah Jeffry menyampaikan bahwa kasus tersebut terjadi pada Minggu (10/1), dimana saat itu rumah tengah ditinggal kedua orang tua AR kerja bakti. Ayah korban yang diketahui bernama Tukijo,45 itu kaget melihat pintu rumah sudah dalam keadaan nyaris hangus terbakar ketika pulang.

Dijelaskan Jeffry, ayah AR yakin bahwa pelaku pembakaran merupakan anaknya sendiri. Sebab, sebelumnya AR sempat marah-marah kepada orangtuanya karena tidak dibelikan motor. Karena tindakan itu, AR kemudian dilaporkan Tukijo ke Polsek Girimulyo, dan diteruskan ke Polres Kulonprogo.

”Pelapor yakin bahwa pelaku pembakaran adalah anak kandungnya sendiri. Sebab, sejak Sabtu AR marah-marah minta dibelikan motor. Tetapi karena masalah ekonomi sehingga orang tuanya tidak mampu membelikan sepeda motor yang diinginkan,” ungkap Jeffri Selasa (12/1).

Jeffry menyampaikan bahwa Jajaran Polres Kulonprogo sudah melakukan olah tempat kejadian perkara dan memeriksa saksi. Dari hasil penyelidikan pelaku terbukti melakukan pembakaran ketika rumah sepi.

Sementara niat AR melakukan pembakaran, karena pelaku masih menyimpan amarah kepada orangtuanya. Sebab keinginannya memiliki sepeda motor tak kunjung dituruti. ”Pelaku membakar pintu dengan menyulut daun kelapa dengan api terlebih dahulu. Kemudian ditinggal begitu saja dengan harapan rumah orangtuanya hangus terbakar,” terang Jeffry.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Atas kelakukan anaknya tersebut, Tukijo mengalami kerugian sekitar Rp 500 ribu karna pintu rumah yang terbakar. (inu/bah)

Kulonprogo