RADAR JOGJA – Jajaran Polres Kulonprogo berhasil menangkap pelaku pencurian mesin sedot air yang beroperasi di wilayah Kulonprogo dan Bantul. Pelaku berinisial SK itu diketahui juga merupakan residivis.

Kabag Humas Polres Kulonprogo Iptu I Nengah Jeffery mengungkapkan, pelaku tersebut bernama asli Sumadyo Kusumo (SK) alias Sumpel. Pelaku terbukti melakukan pencurian mesin milik Tri Murjito warga Kapanewon Lendah, Kulonprogo pada 30 Desember 2020 lalu.

Kronologisnya, terang Jeffry, SK diketahui melakukan tindak pencurian dengan mengelabui istri korban. Yakni berdalih sudah diberi ijin oleh korban untuk mengambil mesin sedot milik suaminya. Meski sudah dilarang untuk membawa mesin tersebut, pelaku tetap nekat menggodol barang tersebut.”Istri korban kemudian menelpon korban untuk menyampaikan kejadian tersebut. Korban kemudian menunggu beberapa hari namun mesin tak kunjung dikembalikan,” ujar Jeffery Kamis (5/1).

Mendapati barang miliknya tak kunjung dikembalikan, lanjut Jeffry, korban kemudian melaporkan hal tersebut kepada Polres Kulonprogo. Sebelumnya korban juga sudah mencari keberadaan dan menghubungi pelaku.

Setelah dilakukan proses penyelidikan, pihak kepolisian berhasil menangkap pelaku di wilayah Sidomulyo, Bantul pada Selasa (5/1). Dari hasil pemeriksaan SK diketahui dulunya pernah terjerat hukum dengan kasus penipuandi wilayah Polres Bantul pada 2015 lalu.”Untuk saat ini kami tengah melakukan penyelidikan terkait motif kejahatan yang dilakukan pelaku,” ujar Jeffry. (inu/pra)

Kulonprogo