RADAR JOGJA – Legislatif di Kulonprogo berharap agar sekolah dan puskesmas bisa terintegrasi bila penerapan pembelajaran tatap muka dilakukan. Hal itu agar penanggulangan maupun pencegahan virus Covid-19 bisa dilakukan.

Ketua Komisi IV DPRD Kulonprogo, Istana menyebut bahwa dukungan petugas fasilitas kesehatan seperti puskesmas sangat perlu dilakukan khususnya dalam menunjang proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19. Para petugas puskesmas juga diharapkan dapat melakukan penanganan ketika terjadi kasus penularan di sekolah.

Dikatakan sinergitas antara instansi pendidikan dengan instansi kesehatan juga harus disiapkan mulai dari sekarang. Sehingga, saat kegiatan belajar mengajar tatap muka dimulai nantinya, sekolah maupun tenaga kesehatan benar-benar benar-benar bisa melakukan penanganan.

”Jangan sampai kita cuma membuka pembelajaran tatap muka saja tapi layanan kesehatannya tidak mampu, ujar Istana kepada wartawan, Minggu (27/12).
Lebih lanjut, Istana menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap kesiapan sekolah dalam menggelar kegiatan belajar tatap muka.

Hasilnya, sebagian besar sekolah di Kulonprogo memang telah siap dalam menyediakan sarana dan prasarana pencegahan penunjang protokol kesehatan.
Kendati demikian, ia juga belum dapat memastikan apakah kegiatan belajar tatap muka apakah tetap akan digelar pada 2021 mendatang. Saat ini, pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Termasuk dengan orang tua siswa.

”Yang terpenting yang saat ini adalah elakukan persiapan matang. Sehingga pembelajaran tatap muka justru tidak menimbulkan masalah,” terang Istana.
Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, Arif Prastowo sebelumnya menyatakan bahwa pemerintah daerah tidak akan gegabah untuk kembali menggelar sekolah tatap muka. Pihaknya akan melihat situasi dan kondisi pandemi Covid-19 terlebih dahulu.

“Intinya Kulonprogo tidak akan tergesa-gesa dalam melaksanakan tatap muka di sekolah, kami akan lihat situasi terlebih dahulu,” terang Arif. (inu/bah)

Kulonprogo