RADAR JOGJA – Pemkab Kulonprogo mengukuhkan Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tingkat kabupaten dan kapanewon se-kabupaten Kulonprogo. Dikukuhkannya Ibu PAUD ini sebagai upaya menciptakan kabupaten ramah anak.

Bupati Kulonprogo Sutedjo mengungkapkan, kegiatan pengukuhan ini merupakan titik awal Kulonprogo dalam menciptakan kabupaten ramah anak. Dia berharap agar Ibu PAUD yang sudah dikukuhkan pada tiap kapanewon dapat memiliki kepedulian terhadap anak-anak di lingkungannya.

Sutedjo menjelaskan, Ibu PAUD yang sudah dikukuhkan juga akan menjadi ujung tombak pendidikan anak usia dini. Sehingga diharapkan memiliki program kerja untuk meningkatkan kualitas anak usia dini agar lebih kreatif, berkarakter, mandiri, tangguh dan lebih mudah beradaptasi. “Ibu PAUD juga mendorong orang tua untuk berpartisipasi aktif dalam mendukung program-program lembaga PAUD di masa pandemi ini,” imbuh Sutedjo, Selasa (22/12).

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo, Arif Prastowo mengatakan bahwa peran Ibu PAUD sangat penting untuk menggerakkan komponen dan sumber daya. Sehingga layanan pendidikan bagi anak usia dini bisa berjalan optimal. “Usai dikukuhkan Ibu PAUD Kabupaten dan kapanewon akan segera aktif dalam upaya pengembangan program PAUD Holistik Integratif berkarakter dan berbudaya di Kulonprogo,” ujarnya.

Sementara Ibu PAUD Kulonprogo Sri Wahyu Widhati mengajak kepada ibu PAUD di tiap kapanewon untuk memastikan anak di semua wilayah di Kulonprogo terdaftar di satuan PAUD. Ia mengungkapkan bahwa PAUD merupakan tanggung jawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. “Mari bergandengan tangan seluruh komponen masyarakat untuk seiring sejalan menyiapakan anak-anak kita sebagai generasi penerus yang membawa kabupaten Kulon Progo yang lebih sejahtera,” ujar istri Bupati Kulonprogo ini. (inu/pra)

Kulonprogo