RADAR JOGJA – Sebanyak 18 kalurahan Kulonprogo mendapatkan penghargaan dari pemerintah setempat karena dinilai cukup baik dalam pelayanan. Penghargaan diberi dalam beberapa kategori, di antaranya tentang penilaian penyelenggaraan pemerintahan, penilaian BUMDes dan penilaian capaian program Kampung KB.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kulonprogo, Sudarmanto mengungkapkan, adapun tujuan pemberian penghargaan ini sebagai bahan penilaian dan evaluasi. Dengan harapan dapat memotivasi peningkatan kinerja pemerintahan di tingkat kalurahan.

Untuk kategori BUMDes yang meraih penghargaan diantaranya pada kategori kesehatan terbaik diraih Karya Binagun Jaya Lendah terbaik I, Binangun Pagerharjo terbaik II dan Binangun Mitra Agung meraih terbaik III. Selanjutnya BUMDesa dengan kategori kinerja terbaik diraih Karya Binangun Jaya terbaik I, Binangun Sendang Artha terbaik II dan Binangun Bumi Rahayu meraih predikat II.

Sedangkan pada BUMDesa kategori inovasi terbaik diraih Binangun Jati unggul terbaik I, Binangun Mitra Sejahtera terbaik II dan Binangun Artha Arum meraih terbaik III. Untuk penasihat BUMDesa pada peringkat I diraih Lurah Tawangsari Pengasih, terbaik II diraih Lurah Karangsari Pengasih dan terbaik III diraih Lurah Jatirejo Lendah.

Kemudian pada program Bangga Kencana tingkat kabupaten Kulon Progo tahun 2019 diraih Kalurahan Nomporejo terbaik I, Kalurahan Panjatan meraih terbaik II dan terbaik ke III diraih kalurahan Giripeni. Lalu penghargaan Kampung KB terbaik I tingkat kabupaten tahun 2019 diraih dengan klasifikasi berkembang terbaik I, kampung KP kalurahan Donomulyo, Nanggulan, klasifikasi mandiri terbaik I diraih kampung KB kalurahan Kranggan, Galur dan klasifikasi berkelanjutan terbaik I, diraih kalurahan Sendangsari, Pengasih.

“Evaluasi dan penilaian ini dilakukan dengan melibatkan OPD terkait, kapanewon dan Tenaga Ahli Pendamping Desa terhadap pelaksanaan kegiatan, kinerja tahun 2019 baik dari aspek administratif/dokumen dan kunjungan lapangan, berbagai aspek/komponen indikator,” ujar Sudarmanto, Senin (21/12).

Sementara Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap dengan adanya kegiatan pemberian penghargaan ini dapat dijadikan sebagai sarana menjalin komunikasi antara Pemerintah Kalurahan, BUMDes, Pokja, Kampung KB dan lembaga pemerintah di tingkat desa. Dalam membangun wilayah untuk menjadi lebih baik lagi.

Sutedjo menambahkan, adanya penilaian baik berupa lomba maupun evaluasi kinerja yang dilaksanakan pada tiap tahunnya. Diharapkan juga dapat dijadikan sebagai sarana pembinaan dari OPD secara langsung dan berjenjang sampai ke tingkat nasional. “Sehingga memberi kontribusi besar dalam upaya menciptakan SDM unggul guna memajukan Kulon Progo pada khususnya dan memajukan Indonesia pada umumnya,” ujar Sutedjo. (inu/pra)

Kulonprogo