RADAR JOGJA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Madiun, Jawa Timur. Adapun tujuan kunjungan ini, untuk mempelajari tentang penataan ulang pedestrian di wilayah tersebut bernama Jalan Pahlawan.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik dan Statisika (IKPS) Diskominfo Kulonprogo, Bambang Susilo mengatakan bahwa pihaknya ingin mengetahui konsep penataan pedestrian yang disebut sebagai Malioboro-nya Madiun itu.
Jalan Pahlawan merupakan salah satu destinasi wisata yang saat ini sedang hits dan cukup banyak jadi berbagai perbincangan. Pihaknya pun ingin lebih memahami tentang bagaimana pengelolaannya. Harapannya bisa menjadi salah satu acuan konsep penataan Kulonprogo kedepan.

“Kami ingin mencari wawasan tambahan soal perencanaan dan pelaksanaan penataan ulang perkotaan. Jalan Pahlawan ini banyak diperbincangkan karena dianggap sukses bersolek,” kata Bambang, Senin (14/12).

Sementara Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun, Jariyanto mengatakan bahwa dalam penataan ulang pedestrian tersebut adalah upaya mengimplementasikan visi misi Kota Madiun, yakni Panca Karya. Jalan Pahlawan hadir untuk memperindah kota sekaligus memberikan fasilitas yang bisa dinikmati publik.

Jariyanto menyampaikan, bahwa hadirnya Jalan Pahlawan untuk mengangkat potensi wisata yang ada disekitar wilayah tersebut. Salah satunya Kampung Pendekar. Sehingga fasilitas penunjang seperti akses pun juga turut dikembangkan.

Adanya pengembangan area perkotaan sekaligus penataan ulang tersebut. Jariyanto menyatakan, bahwa Pemkot Madiun menambah salah satu pendapatan asli daerah (PAD)-nya. Salah satunya pada bidang perpajakan.

“Di Madiun, selain UMKM dan sumber daya manusia juga patut ditonjolkan. Tahun depan akan dimulai pengembangan kawasan Kampung Pendekar sebagai realisasi menonjolkan SDM Kota Madiun,” terang Jariyanto. (inu/bah)

Kulonprogo