RADAR JOGJA – Penggantian nama Stadion Cangkring di Kalurahan Bendungan, Kapanewon Bendungan, Kabupaten Kulonprogo kini telah masuk pembahasan. Sebanyak 12 nama sudah disusulkan dan tinggal dipilih dua nama terbaik.

Sekda Kulonprogo, Astungkara mengatakan bahwa saat ini sudah ada 12 nama yang telah diusulkan. Diantaranya Widya Reksasana Raga, Wiyata Kredasana, Dharma Ginulang, Loka Abhinaya Cangkring, Mandala Sodewo, Sasana Krida, Sasana Wiyata Krida, Stadion Adikarta, Binangun Adikarta, Raden Mas Dorodjatun, Nyi Ageng Serang dan Cangkring.

Dari jumlah tersebut, Astungkara menyampaikan bahwa nantinya dipilih dua nama terbaik. Dua nama itu diberikan untuk nama stadion dan gedung olahraga (GOR) di lokasi tersebut.

Untuk pemilihan nama nantinya, lanjut Astungkara, nama baru dari Stadion Cangkring diharapkan dapat meningkatkan semangat olahraga di Kulonprogo. Untuk itu pihaknya akan berkoordinasi dengan pegiat olahraga, seniman dan budayawan dalam proses penanamaan stadion itu.

”Pembahasan nama-nama ini tengah dalam proses dan akan dipilih oleh tim khusus,” terang Astungkara, Selasa (8/12).

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo, Arif Prastawa menyatakan bahwa di Stadion Cangkring memiliki beberapa fasilitas. Selain stadion, di fasilitas tersebut juga memiliki beberapa venue seperti lapangan tenis dan kolam renang.

Dia pun menyampaikan bahwa saat ini pihaknya sudah menerima nama-nama yang sudah diusulkan dan telah disampaikan kepada Bupati Kulonprogo. “Nanti pengusulan dilakukan terpisah sesuai nama kawasan, Stadion dan GOR,” ujarnya. (inu/bah)

Kulonprogo