RADAR JOGJA – Kasus tindak kekerasan terhadap anak masih marak terjadi di Kulonprogo. Hingga Oktober ada 72 laporan yang masuk ke instansi terkait. Dimana 45 laporan merupakan kasus kekerasan seksual terhadap anak.

Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Dinsos Pemberdayaan Peremepuan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Kulonprogo, Woro Kandini mengatakan, jumlah yang diterima belum bisa disebut sebagai kasus riil yang terjadi di lapangan. Ada kemungkinan kasus di lapangan lebih banyak karena korban enggan melapor.

”Kami paham bahwa korban kekerasan seksual mengalami tekanan mental, sehingga enggan atau tidak mau melapor. Namun, kami tetap menyarankan agar kasus-kasus kekerasan anak terutama seksual tetap dilaporkan kepada pihak terkait,” ujar Woro kepada wartawan Kamis (12/11).

Sebagai upaya menekan kasus kekerasan anak, Woro mengatakan bahwa pihaknya juga telah memiliki Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A). Tugas lembaga ini untuk menangani kasus kekerasan yang melibatkan perempuan dan anak, yakni dengan memberi pendampingan, melakukan penyembuhan psikis hingga fisik kepada korban kekerasan.

Selain itu, kata Woro, P2TP2A juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar kasus kekerasan anak dan perempuan bisa ditekan. Sosialisasi ini menggandeng Forum Perlindungan Korban Kekerasan (FPKK) yang sudah ada di tingkat kabupaten hingga kelurahan. ”Kasus kekerasan terhadap anak sudah diatur ada undang-udang dan ranah hukumnya. Pelakunya pun dapat dipenjara,” tegas Woro.

Belum lama ini, salah satu kekerasan yang melibatkan anak juga sempat ditangani Polres Kulonprogo. Kasus tersebut melibatkan perempuan berusia 20 tahun yang diperkosa di rumahnya sendiri pada 9 Oktober lalu. Setelah korban melapor dan ditangani pihak berwajib, pelaku kemudian ditangkap pada 22 Oktober. ”Tersangka kami jerat Pasal 285 KUHP tentang Pemerkosaan dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara. Bagi siapapun yang mendapat kasus seperti ini saya harap agar berani melapor,” ujar Wakapolres Kulonprogo Kompol Sudarmawan. (inu/bah)

Kulonprogo