RADAR JOGJA – Untuk kali pertama, pesawat komersial Boeing 777 Seri 300ER mendarat di landasan pacu Yogyakarta International Airport (YIA) Temon, Kulonprogo, Rabu (28/10). Hal itu menjadi kabar baik bagi dunia pariwisata, kendala aksesbilitas di Jogjakarta telah terpecahkan.

”Dulu pesawat jenis ini tidak mampu mendarat di Jogjakarta (Adisutjipto) karena landasan pacunya tidak memadai, kini kendala itu telah terpecahkan di YIA,” kata Pts GM YIA, Agus Pandu Purnama, Kamis (29/10).

Dijelaskan, ke depan tentu akan lebih banyak maskapai baik domistik maupun internasional membuka penerbangan langsung ke Jogjakarta. Hal itu akan memudahkan bagi wisatawan mancanegara untuk datang ke Jogjakarta.
”Pendaratan Boeing 777 Seri 300ER pertama kali ini dioperasikan maskapai Garuda Indonesia, membawa 214 penumpang, pesawat ini pesawat tambahan (ekstra flight) untuk menyambut libur cuti bersama,” jelasnya.

Menurutnya, sejauh ini landasan pacu YIA belum pernah didarati pesawat ini. Hal tersebut menjadi bukti bahwa landasan pancu YIA sepanjang 3.250 meter, dengan shoulder atau bahu runway 15 meter disetiap sisi cukup mumpuni untuk didarati pesawat terberat dan terbesar sekalipun.

“Landasan pancu YIA memiliki pavement classification number (PCN 107). Tingkat kekerasan yang sangat baik untuk pendaratan pesawat, bahkan di atas Bali dan Soeta. Harapannya akan semakin banyak pesawat besar mendarat disini,” ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIJ, Singgih Raharjo menambahkan, di masa libur cuti bersama ini aktivitas penerbangan naik signifikan. Berdasarkan catatan pengelola YIA mencapai 6.500 orang per hari atau 30 persen kenaikan pergerakan pesawat. “Ini menjadi pertanda baik untuk dunia pariwisata di Jogjakarta,” ucapnya. (tom/bah)

Kulonprogo