RADAR JOGJA – Ratusan masker dibagikan secara gratis kepada para pedagang dan pembeli di Pasar Bendungan, Kapanewon Wates, Kamis (8/10). Kampanye gerakan menggunakan masker ini diinisiasi Pemprov DIJ.

”Pembagian masker gratis ini dilakukan di seluruh wilayah DIJ, tujuannya untuk kampanye penggunaan masker kepada masyarakat,” kata Sekretaris Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) DIJ, Yuwono Hadiwijoyo.

Dijelaskan, aksi pembagian masker sudah dilaksanakan selama dua bulan terakhir dan akan terus digalakkan hingga November 2020 mendatang. Pihaknya bersama dengan pemkab dan pemkot di DIJ. Total masker yang akan dibagian mencapai 1 juta masker. ”Semoga bisa membiasakan masyarakat untuk mengenakan masker untuk mengantisipasi penularan Covid-19. Meskipun kesadaran masyarak di Jogja sudah cukup tinggi,” jelasnya.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengatakan, selama aksi tidak ada warga yang kedapatan tidak mengenakan masker. Hal itu pantas diapresiasi, sebab kesadaran masyarakat di pasar Bendungan untuk menerapkan protokol kesehatan sudah baik. “Saya tidak jumpa satu orang pun yang tidak pakai masker, Alhamdulillah,” ucapnya.

Ditegaskan, total masker yang dibagikan BPBD DIJ untuk Kabupaten Kulonprogo sebanyak 130.000 masker. Masker-masker tersebut akan dibagikan ke-12 pasar tradisional yang tersebar di seluruh Kulonprogo.

“Mengenakan masker itu penting untuk melindungi diri dan orang lain dari paparan virus korona, tidak boleh egois dan terapkan protokol kesehatan sampai obat atau vaksin ditemukan,” tegasnya. (tom/bah)

Kulonprogo