RADAR JOGJA – Penyembuhan pasien Covid-19 menunjukkan progres positif. Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati menjelaskan, sebanyak sebelas orang dari klaster Lendah dinyatakan sembuh. Sementara 11 orang dari klaster Srikayangan juga terbebas dari virus korona.  ”Kendati ada dua pasien yang meningal dunia,” jelasnya Minggu (4/10).

Selanjutnya, tujuh orang klaster Palihan sembuh. Klaster lainnya, yakni klaster Gunung Gempal, empat orang sembuh dari total 13 orang. Sementara klaster Arisan Kokap ada penambahan satu orang yakni KP-176. Secara keseluruhan total kasus korona di Kulonprogo ada 177 kasus. ”Dengan tiga penambahan kasus baru,” jelasnya.

Sementara itu untuk menekan penyebaran korona di organisasi perangkat daerah (OPD) Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 Kabupaten Kulonprogo menggelar rapid test. Tahap pertama dipusatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kulonprogo.

Kepala DPMPT Agung Kurniawan mengatakan, MPP menjadi jujukan masyarakat, sementara ASN dan pegawai yang ada terdiri dari beberapa OPD yang menempati stand pelayanan. “Deteksi awal untuk mengantisipasi serta memutus mata rantai penyebaran korona,” Agung.

Dijelaskan, dengan rapid test minimal bisa membuat pegawai dan warga yang datang mendapat kepastian, kenyamanan. Pelaksanaan kali digelar pada tiga OPD dengan total 166 orang. Termasuk para petugas pelayanan stand yang ada di MPP.

Hasil rapid test akan langsung diketahui dan akan diserahkan kepada pimpinan masing-masing OPD dalam bentuk surat tertutup. Sebab, hasil tidak boleh diketahui oleh publik. ”Pimpinan OPD akan menyikapi dan menindaklanjuti hasilnya,” ujarnya. (tom/bah)

Kulonprogo