RADAR JOGJA – Pantai Glagah di Kapanewon Temon menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi wisatawan saat libur akhir pekan. Namun sayang, masih banyak pengunjung yang kedapatan tidak mengindahkan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan virus korona (Covid-19).

Koordinator Sarlinmas Rescue Istimewa Wilayah (SRI) Wilayah V Glagah, Aris Widiatmoko mengatakan, libur akhir pekan menjadi momen paling banyak digunakan warga untuk berlibur. Sehingga, pihaknya selalu rutin melakukan patroli. Hasilnya masih ditemui sejumlah pengunjung pantai yang tidak mengindahkan prokes, tanpa memakai masker

”Kami mendapati 207 orang pengunjung yang melakukan pelanggaran, kebanyakan tidak mengenakan masker dengan cara yang benar atau asal-asalan, sebagian bawa tetapi hanya disimpan,” katanya, Senin (14/9).

Ditegaskan, melihat tingginya pelanggaran, pihaknya terpaksa meminta pengunjung membuat surat pernyataan, ”Kami juga beri sanksi tambahan, yakni menyapu dan mungut sampah disekitar tempat wisata sebagai efek jera,” tegasnya.

Anggota Sarlinmas Wilayah V, Marino menambahkan, selain melakukan pemantauan prokes, pihaknya juga melakukan pengawasan rutin pada pengunjung yang bermain di air. ”Kami awasi secara ketat para pengunjung pantai sebab gelombang akhir-akhir ini terpantau tinggi, kami tidak ingin ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” ucapnya. (tom/bah)

Kulonprogo