RADAR JOGJA – Terminal Palbapang akan dioptimalkan. Guna mendukung akses transportasi menuju Bandar Udara Internasional Yogyakarta (YIA). Jaringan transportasi pun disiapkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul.

Aktivitas di bekas stasiun kereta api yang terletak di Palbapang, Bantul ini tidak pernah berhenti, sejak dibuka secara resmi sebagai terminal pada 1990. Namun, aktivitasnya menurun seiring maraknya penggunaan kendaraan pribadi.

Dengan adanya YIA, Dishub Bantul berharap kegiatan di terminal dapat lebih optimal. “Kami kerjasama dengan DAMRI khusus dari Palbapang ke YIA, dan sebaliknya,” sebut Kepala Dishub Bantul Aris Suharyanta ditemui di kantornya Rabu (9/9).

Kerjasama Dishub Bantul dan DAMRI sudah berlangsung sekitar sebulan lalu. Dengan biaya tiket masih Rp 6 ribu. Tapi belum banyak yang menggunakannya. Padahal, ini dapat menjadi salah satu transportasi alternatif. Bagi warga Jogja Selatan, khususnya Bantul. “Kami akan launching pada 17 September,” ucapnya.

Selain melayani angkutan ke YIA, Terminal Palbapang juga melayani angkutan tujuan Jogja-Srandakan. Berikut angkutan tujuan Bantul-Jakarta. “Kalau dari kota lain belum ada,” ujarnya.

Optimalisasi Terminal Palbapang disambut baik oleh penjual tiket salah satu PO, Parsilah. Perempuan 57 tahun ini percaya, optimalisasi terminal dapat membangkitkan bisnis travelnya. “Terlebih dengan adanya YIA,” katanya. (cr2/bah)

Kulonprogo