RADAR JOGJA – Sebanyak 14 Warga Binaan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates, Kulonprogo mendapatkan remisi dalam rangka HUT ke-75 Republik Indonesia. Penyerahan remisi dilaksakan langsung Bupati Kulonprogo, Sutedjo dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Kepala Rutan Kelas IIB Wates, Deny Fajariyanto mengatakan, remisi diberikan untuk memberikan kesadaran bagi warga binaan agar tetap patuh hukum dan norma yang berlaku dan bertanggungjawab kepada Tuhan. “Seluruh warga binaan harus bisa mengambil momentum serupa untuk membulatkan tekad menjadi manusia lebih baik, berkualitas, terampil dan mandiri,” katanya.

Dijelaskan, total jumlah warga binaan Rutan Kelas IIB Wates ada 63 orang dengan tahanan berjumlah 42 orang dan narapidana 21 orang. Remisi Umum diberikan kepada 14 orang, dua orang sudah keluarkan dari Rutan Wates karena mendapatkan asimilasi di rumah. Sebanyak 14 warga binaan semuanya mendapatkan remisi umum I terdiri dari remisi 1 bulan untuk 10 orang, remisi 2 bulan untuk tiga orang dan remisi 3 bulan untuk satu orang.

Sutedjo menegaskan, remisi berdasarkan Peraturan Menteri Hukum Dan Hak Asasi Manusia Nomor 3/2018 yakni pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak yang memenuhi syarat ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dikatakan, remisi adalah hak bagi warga binaan. Remisi merupakan penghormatan dan pemenuhan hak yang harus diperjuangkan bagi para warga binaan, berlomba-lomba untuk baik dan menjadi contoh. Remisi merupakan hak yang telah di atur secara tegas dalam pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 12/1995 tentang Pemasyarakatan. Dimana, setiap narapidana mempunyai hak untuk mendapatkan pengurangan masa menjalani pidana.

Menurutnya, remisi ini untuk sesegera mungkin mengintegrasikan narapidana dalam kehidupan masyarakat secara sehat. Sehingga, mereka dapat segera melanjutkan kehidupannya secara normal dan mampu mengemban tanggungjawab. (tom/bah)

Kulonprogo