RADAR JOGJA – Pandemi coronavirus disease 2019 (covid-19) atau virus korona memberi dampak terhadap kesehatan mental seseorang. Puskesmas sebagai fasilitas kesehatan (faskes) yang dapat memberikan layanan kesehatan psikologis, kini menyediakan konsultasi pemulihan mental akibat dampak korona. Seperti di Puskesmas Srandakan dan Sanden tersedia yang menyediakan konsultasi psikologi online gratis.

Psikolog klinis Puskesmas Srandakan dan Sanden, Raras Indah Fitriana mengatakan, di Bantul setiap psikolog menaungi dua puskesmas. Sejak 26 Maret, dirinya memiliki tiga pasien yang mengalami masalah psikologis nyata akibat kondisi wabah covid-19. “Gambaran singkat masalahnya, stres dan kecemasan akan kematian sebagai dampak dari adanya wabah ini,” katanya Rabu (15/4).

Diungkapkan, pasien yang ditangani memiliki kekhawatiran berlebih akibat terpapar informasi tentang covid-19 di sosial media atau WhatsApp grup. Pasien juga khawatir terkait keberlangsungan finansial keluarga karena pemasukan pasangan macet akibat wabah korona. “Saya menduga, masyarakat di wilayah Srandakan dan Sanden yang mengalami keluhan psikologis sebagai dampak dari wabah ini, lebih dari jumlah yang saya sampaikan,” paparnya.

Adanya konsultasi online, untuk membantu menetralkan kesehatan jiwa masyarakat akibat wabah korona. Dengan meningkatkan pola pikir positif juga membantu menggerakkan inisiatif mereka untuk melakukan kegiatan nyata. “Pasien yang berinisiatif terhadap layanan konsultasi online cukup antusias,” sebutnya.

Konsultasi psikologi online bertujuan untuk membantu masyarakat wilayah Srandakan dan Sanden yang merasa tidak mampu menghadapi kondisi stres.  Berikut mengalami kecemasan sendiri akibat wabah covid-19 dan butuh pertolongan psikolog. “Pasien yang datang ke psikolog kan biasanya tidak memiliki keluhan fisik. Nah, agar kita tetap sama-sama safety, jadi memungkinkan kalau pakai alternatif online,” jelas Raras.

Selain itu, konsultasi puskesmas juga melayani psikologis bagi pasien yang tinggal di luar wilayah yang belum tersedia layanan psikolog. Seperti wilayah di kecamatan di Kulonprogo.

Untuk mengakses layanan ini, pasien dapat menghubungi nomor 087840015060 melalui WA. Pasien akan dikirimkan daftar hak dan kewajibannya dalam kegiatan konsultasi. Lalu pasien diminta mengisi data identitas pribadi dan bisa langsung dilayani. “Pasien bebas mengekspresikan masalah yang dialami untuk kemudian diberikan respons oleh psikolog sesuai keilmuan dan praktik psikolog,” ujarnya.

Sementara itu, ibu rumah tangga Niken Nawang Sari mengaku sempat cemas di awal pandemi korona, sebab dia memiliki balita. Bahkan sampai ketakutan berlebih saat melihat orang batuk. “Sampai rumah tuh aku semprot disinfektan semua,” ujarnya.

Niken juga mencemaskan keadaan suaminya yang berada di Bekasi, Jawa Barat. Namun, jika suaminya tidak bekerja, maka kebutuhan keluarga tidak dapat terpenuhi. Akses menuju lokasi perumahannya yang turut ditutup oleh warga karena menerapkan karantina wilayah memperparah keadaannya.  “Aku menjaga kewarasan biar nggak stres, soalnya nggak bisa menyusul suami,” jelasnya. (cr2/bah)

Kulonprogo