RADAR JOGJA – Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) DIJ menggelar Operasi Keselamatan Progo 2020, dimulai sejak 6 April hingga 19 April mendatang. Operasi kendaraan yang rutin digelar menjelang bulan Ramadhan itu juga akan berfokus pada pencegahan Covid-19.

Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yulianto mengatakan, dalam Operasi Progo 2020 ini pihaknya mengerahkan sedikitnya 1.106 personil. Dimana ribuan personil tersebut, akan terbagi menjadi tiga satuan tugas (Satgas), diantaranya Satgas Preventif, Satgas Preventif dan Satgas Bantuan Operasi.

Yuli menjelaskan tiga satgas tersebut tentu nantinya akan memiliki ketugasan tersendiri selama Operasi Progo 2020 berlangsung. Termasuk dalam upaya pencegahan Covid-19 supaya tidak masuk ke wilayah Jogjakarta. “Adapun targetnya akan menyasar orang, lokasi, barang dan kegiatan yang mungkin berpotensi menularkan Covid-19,” ujarnya Selasa  7/4).

Mantan Kapolres Sleman ini menuturkan, untuk target operasi dalam bentuk orang akan difokuskan terhadap pengawasan pasien positif Covid-19 termasuk keluarga dan lingkungan tempat tinggal pasien. Sementara untuk tempat, operasi akan menyasar rumah sakit, pelayanan kesehatan, tempat distribusi sembako dan alat kesehatan, serta pusat ekonomi.

Sedangkan cara bertindak petugas kepolisian, kata Yuli, akan menggunakan langkah deteksi dini, penyelidikan, dan monitoring terhadap penyebaran Covid-19 di wilayah DIJ. Termasuk melakukan pengawalan terhadap jenazah maupun pasien positif Covid-19.

Yuli menambahkan, sementara untuk penegakan hukum pada bidang lalu lintas, petugas polisi hanya akan fokus menindak pengendara yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan besar. “Kami lebih banyak upaya preventif,” jelasnya.

Sementara itu dalam aksinya kemarin, Polres Kulonprogo membagikan ratusan masker, hand sanitizer dan brosur imbauan pelaksanaan protokol pencegahan Covid-19 kepada pengguna jalan sejumlah titik ruas jalan di Kulonprogo, kemarin (7/4).  “Kami ingin membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan masker, sekaligus memberikan edukasi terkait langkah pencegahan COVID-19,” jelas Kasat Lantas Polres Kulonprogo, AKP Didik Purwanto, Selasa (7/4).

Operasi Progo di wilayah Polres Kulonprogo melibatkan 155 personel. Kegiatan lebih banyak difokuskan untuk sosialisasi dan pencegahan virus korona. Giat kali ini dilakukan dengan  membagikan 550 masker dan 300 hand sanitizer kepada pengendara yang melintas.

Kapolres Kulonprogo, AKBP Tartono menegasakan, wabah korona belum selesai, masyarakat saat ini wajib mengenakan masker. Imbauan ini harus diperhatikan seluruh masyarakat khususnya warga Kulonprogo yang terpaksa harus keluar rumah untuk kepentingan yang benar-benar mendesak. “Mengenakan masker berguna untuk melindungi diri sendiri dan orang lain,” tegasnya. (inu/tom/bah)

Kulonprogo