RADAR JOGJAHiu paus dengan panjang 4,9 meter mati. Ikan dengan diamater 2,6 meter, lebar kepala sekitar satu meter, dan berat mencapai 3,4 kuintal tersebut terdampar di Pantai Congot, Temon, Kulonprogo Jumat (28/2).

Bangkai satwa yang memiliki nama Latin Rhincodon Typus ini kali pertama ditemukan nelayan yang hendak melaut. Warga atau nelayan setempat lebih mengenal ikan tersebut dengan sebutan ikan Geger Lintang atau Naga Lintang.

Koordinator Sarlinmas Wilayah 5 Kulonprogo Aries Widiatmoko mengatakan, diduga ikan hiu paus tersebut sempat terdampar di Pantai Glagah beberapa hari sebelumnya. “Sekilas bentuk ukurannya sama,” ucapnya. Untuk memastikan, mereka menunggu observasi dari BKSDA.

Dijelaskan, penampakan atau kemunculan ikan hiu paus di pantai selatan Kulonprogo sempat terjadi beberapa kali. Di antaranya di Pantai Glagah, kemudian Pantai Garongan, dan terakhir di Pantai Congot atau muara Sungai Bogowonto.

Pengunjung Pantai Congot Siti Resmi Muryani mengungkapkan, ikan hiu paus itu mirip sekali seperti yang mendarat di pantai Garongan dan Glagah. Warga lain menduga itu ikan yang sama. “Mungkin sakit atau terbawa arus dan tidak mampu kembali ke tengah,” ungkapnya. (tom/din)

Jogja Raya