RADAR JOGJA – Ibu-ibu umat kristiani di Dusun Karangtengah Lor, Desa Margosari, Kecamatan Pengasih membagikan parsel Natal untuk warga sekitar (22/12). Kegiatan tersebut menjadi bentuk toleransi di tengah keragaman atau pluralisme menjelang perayaan Natal 2019.

Ibu-ibu beragama muslim ikut berbaur dengan ibu-ibu umat kristiani. Mereka bersama-sama mengemas makanan ringan lebih dari 150 kotak. Mereka berbagi tugas, bingkisan dibagikan ke warga di Dusun Karangtengah Lor.

“Setiap lima kotak dibungkus taplak. Diantar ke rumah-rumah warga. Seemua penerima parsel adalah umat muslim. Sambutannya luar biasa,” ujar sesepuh warga, Theresia Irene Sumiati.

Parsel itu berisi roti, lemper, telor asin, dan ceriping jagung. Diharapkan menjadi kegiatan rutin untuk merekatkan warga.

“Saat Idul Fitri dan Idul Adha, kami juga ikut membantu. Kami ikut merasakan dan membantu warga yang tengah merayakan hari raya keagamaan,” ujar Irene.

Dwi Astuti, warga setempat, mengatakan kegiatan ini sudah berlangsung lima tahun terakhir. Awalnya hanya dilakukan beberapa orang, namun banyaknya sumbangan dan donasi akhirnya parsel dibagikan ke lebih banyak warga.

“Jumlahnya terus bertambah setiap tahun. Kami tentu senang dan bisa hidup berdampingan tanpa harus membeda-bedakan agamanya,” kata Astuti. (tom/iwa)

Kulonprogo