RADAR JOGJA – Pertunjukan rakyat Pangkur Jenggleng kembali diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama DPR RI. Pertunjukan bertema “Menjaga, Merawat dan Mempertahankan Nilai Kebangsaan di Era Digital”  berlangsung di lapangan Dekso, Banjararum, Kalibawang, Kulonprogo pada Sabtu (15/9) malam.

Acara yang menarik perhatian ribuan penonton itu diawali dengan sambutan Staf Ahli Menteri Kominfo Henri Subiakto. Dia mengingatkan soal maraknya berita hoax atau palsu. “Hati-hati jangan mudah membagikan informasi yang sumbernya tidak jelas,” pinta Henri.

Selain itu, masyarakat diminta tidak mudah percaya dengan telepon maupun janji lewat SMS yang diduga menipu. Dia juga mengapresiasi dengan tingginya animo masyarakat menyaksikan Pangkur Jenggleng. “Ini berarti kita telah nguri-uri budaya bangsa,” ajaknya.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi I DPR RI Ahmad Hanafi Rais. Dia mengajak masyarakat mencintai dan menjaga budaya warisan para leluhur. Pertunjukan rakyat Pangkur Jenggleng itu merupakan bagian menjaga, merawat dan mempertahankan nilai kebangsaan di era digital. (kus/tif)

Kulonprogo