KULONPROGO – Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI ke-74 terus berlangsung. Termasuk di Kulonprogo yang menggelar pawai. Diikuti 90 kontingen. Warga tumpah ruah di seputar Alun-alun Wates (Alwa) Kulonprogo dan sepanjang rute yang dilalui peserta.

Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga, Dinas Pendidikan Kulonprogo Rusdi Suwarno mengatakan, pawai dilombakan dengan tujuan membentuk generasi muda yang lebih cinta tanah air, bekerja keras dan memiliki jiwa berkompetisi. “Sesuai dengan tema HUT kali ini yakni SDM unggul Indonesia Maju,” katanya Selasa (20/8).

Berbeda dengan tahun sebelumnya, lanjut dia, jumlah display dalam pawai kali ini dikurangi dari empat menjadi tiga titik. Agar waktunya tidak terlalu lama. “Kategori penilaian lomba baris berbaris kali ini adalah ketepatan waktu, kerapian, kekompakan, dan keutuhan kontingen,” jelasnya.

Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo mengapresiasi panitia HUT ke-74 RI beserta semua pihak yang telah melanggengkan kegiatan. Setiap elemen masyarakat pada masing-masing tingkatan, merupakan manifestasi rasa kebahagiaan, rasa kebanggaan terhadap tanah air dan ungkapan rasa gembira telah terbebas dari belenggu penjajahan bangsa lain.

“Mari kobarkan semangat membangun bangsa dan negara lebih maju dan sejahtera. Perangi narkoba, korupsi, dan terorisme yang mengancam anak bangsa, generasi muda serta seluruh elemen bangsa Indonesia,” ajaknya. (tom/pra/fj)

Kulonprogo