KULONPROGO – Lebaran semakin dekat. Mobil keliling layanan penukaran uang nominal kecil mulai diserbu warga. Mobil tersebut milik Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPBI) DIJ dan merapat di Pasar Wates, Kulonprogo, Senin (20/5). Layanan tersebut juga diberikan di sejumlah lokasi strategis di DIJ.

Pelayanan penukaran dimulai pukul 10.00-12.00. Pedagang dan masyarakat menukarkan uang untuk dibagi-bagikan saat lebaran mendatang. Pecahan yang yang disediakan KPBI sebanyak Rp 380 juta. Dialokasikan untuk 100 penukar.

Paket maksimal penukaran Rp 3,8 juta. Terdiri dari Rp 2 juta pecahan Rp 20 ribu, Rp 1 juta pecahan Rp 10 ribu dan Rp 500 ribu pecahan Rp 5.000, Rp 200 ribu pecahan Rp 2.000 dan Rp 100 ribu pecahan Rp 1.000.

“Kami juga melakukan pelayanan setiap hari di Balai Kota Jogja. Dan kami keliling pasar yang ada di DIJ. Di Pasar Wates hanya hari ini (kemarin) saja,” ujar Kasir KPBI, Ahmad Yusron Irsyadi.

Melihat antusiasme warga, pihaknya membagikan nomor antrean. Dan melibatkan polisi untuk mengatur antrean agar tertib.

Sulistri Haryanti, warga Gunung Gempal, Wates mengungkapkan, dia akan menukarkan uang di bank. Kemudian, mendapat informasi di Pasar Wates ada penukaran. Dia pun ikut antre.

“Menjelang lebaran, saya selalu menukarkan uang pecahan kecil. Untuk dibagikan kepada anak-anak,” ungkapnya.

Sulastri berharap, penukaran jangan dibatasi. Dan antrean ditertibkan. Penukaran jangan hanya sekali, bisa dijadwalkan lagi di Kulonprogo.

“Penukaran uang pecahan ini membantu masyarakat. Meski harus antre, kami tertib untuk melakukan penukaran,” katanya. (tom/iwa/zl)

Kulonprogo