Hendri Utomo/Radar Jogja
TINGKAT KABUPATEN: Wabup Kulonprogo Drs H Sutedjo membuka MTQ Tingkat Kabupaten di Aula SMKN 2 Pengasih, ditandai dengan pemukulan bedug, Sabtu (5/3).

KULONPROGO – Sebanyak 413 kafilah dari 12 kecamatan se-Kulonprogo ikut ambil bagian dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten. Kegiatan dibuka langsung Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo di Aula SMKN 2 Pengasih, Sabtu (5/3). Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug disaksikan unsur terkait. MTQ memperebutkan tropy bergilir.

Ketua Pelaksana MTQ Johar Mustofa menjelaskan, dari total jumlah peserta masing-masing dari Kecamatan Wates mengirimakan 31 orang, Temon (39 orang), Panjatan (34 orang), Galur (36 orang), Lendah (28 orang), Sentolo (34 orang), Pengasih (40 orang), Girimulyo (37 orang), Kokap (40 orang), Nanggulan (29 orang), Samigaluh (28 orang), dan Kalibawang (37 orang).

“Mereka mengikuti beberapa cabang perlombaan, di antaranya Tilawah putra dan putri, Tahfizhil Quran putra dan putri, Syahril Quran putra, putri dan campuran, Fahmil Quran putra, putri dan campuran, serta Khottil,” terangnya.

Wabup Sutedjo mengatakan, umat Islam harus mampu membangun mental spiritual yang baik melalui berbagai kegiatan di era globalisasi saat ini. MTQ salah satunya, diharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi bagi peserta, melainkan juga sebagai sarana mengasah mental, menumbuhkan sikap menghormati orang lain, membentuk budi pekerti yang luhur serta menciptakan keharmonisan.

“MTQ bukan hanya mempersiapkan ketrampilan Qori dan Qoriah dalam melantunkan keindahan ayat-ayat suci Al-Qur’an, tetapi harus juga menyampaikan pesan-pesan suci bahwa Al-Quran adalah sumber kebenaran dalam pambentukan akhlak umat,” katanya. (tom/laz/ong)

Kulonprogo