KULONPROGO-PT Angkasa Pura mulai menyiapkan lelang pengadaan appraisal. Tim Appraisal inilah yang akan menaksir tanah warga yang akan digunakan sebagai lahan bandara. Lelang dilakukan setelah data dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) DIJ diserahkan kepada PT Angkasa Pura.

Manajer Proyek Percepatan Pembangunan Bandara Kulonprogo Sujiastono menjelaskan, pihaknya sudah menerima data dari BPN. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan proses pengadaan appraisal. “Tim pengadaan sudah ada,” jelasnya kemarin (3/3).

Proses pengadaan appraisal diawali dengan pengumuman pengadaan appraisal melalui website PT Angkasa Pura serta di media massa. “Proses lelang diharapkan satu bulan sudah diketahui siapa pemenangnya,” katanya.

Menurutnya, PT Angkasa Pura saat ini juga tengah penyusunan AMDAL dan DED bandara. Penyusunan dilakukan tim di Jakarta. ” Tim AMDAL bulan ini mulai jalin komunikasi dengan Kulonprogo,” terangnya.

Kades Glagah Agus Pramono mengamini, pihaknya sudah mendapat informasi akan dilakukan sosialisasi AMDAL. Menurutnya, rencananya sosialisasi akan dilakukan akhir Maret mendatang
Di bagian lain, menindaklanjuti tuntutan warga terdampak pro bandara yang ingin mendapat relokasi gratis, Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyatakan sudah mengonsultasikan persoalan itu kepada Gubernur DIJ Sultan Hamengku Buwono X dan saat ini masih harus dikaji lebih dalam. “Beliau memerintahkan adanya kajian lagi. Sudah saya presentasikan dan gratis itu tidak mudah. Seminggu lagi kami harus menghadap gubernur lagi, soal perkembangan kajiannya,” jelas Hasto.

Warga pro bandara sepekan lalu sempat menyampaikan petisi kepada bupati Kulonprogo. Selain soal permintaan relokasi gratis, warga juga berharap penggarap PAG mendapat kompensasi dan adanya jaminan kerja bagi warga terdampak bandara.

Terkait kompensasi PAG dan jaminan kerja lebih kurang sudah mendapat respons positif. Namun soal relokasi gratis sejauh ini belum dapat dipastikan. Bupati juga sudah berkirim surat kepada kejaksaan untuk kajian hukum. Sementara ini, belum ada jawaban yang mengarah kemungkinan relokasi dapat diberikan gratis. (tom/din/ong)

Kulonprogo