MERUSAK: Kasat Narkoba Polres Kulonprogo AKP Agus Nursewan saat menggelar barang bukti berikut tersangka di Mapolres Kulonprogo, kemarin.
KULONPROGO- Operasi Narkoba Progo 2016 Polres Kulonprogo berhasil menyita 221,8 gram ganja dan 110 obat- obatan psiktropika, serta 162 botol minuman keras (miras) berbagai jenis.

Kasat Narkoba Polres Kulonprogo AKP Agus Nursewan menjelaskan, Operasi Narkoba Progo 2016 digelar 4 Februari hingga 17 Februari lalu. Ada empat kasus yang berhasil diungkap, tiga kasus narkotika, dan satu kasus penyalahgunaan psikotropika.

“Kami mengamankan dua orang pelaku narkotika berinisal Mn, dengan barang bukti 173,9 gram ganja, TKP Sleman. Tersangka Dc, barang bukti 11,6 gram ganja, TKP Jalan Wates-Jogja, SPBU Gamping, Sleman. Tersangka lainnya TT, barang bukti 36,3 gram ganja, TKP Pengok Kidul, Baciro, Gondokusuman,” jelasnya.

Selain paket besar 36,6 gram ganja, petugas juga mengamankan empat paket kecil ganja dalam bentuk lintingan rokok masing-masing 6 gram. “Tersangka dijerat pasal 112 UU 35/ 2009 dengan ancaman hukuman penjara minimal 4 tahun, maksimal 12 tahun, dan denda minimal Rp 800 juta, maksimal Rp 8 miliar,” tambahnya.

Berdasarkan pengakuan tersangka, narkoba jenis ganja itu untuk dipakai sendiri. Barang-barang haram ini didapatkan dari Solo dan Jakarta. Pengembangan kasus sempat terkendala jenis transaksi terputus. “Mereka bertemu bayar di tempat. Bahkan mereka tidak saling kenal,” ujarnya.

AKP Agus berharap ada peran serta bantuan dari masyarakat. Informasi sekecil apapun akan direspons. Selain mengamankan narkoba, juga disita 162 botol miras berbagai jenis. Miras itu disita dari Glagah, Wetes, Galur, dan Temon. “Untuk miras sebanyak 113 botol diamankan dari wilayah Polsek Temon,” ucapnya. (tom/din/ong)

Kulonprogo