GUNUNGKIDUL – Meski bukan lembaga profit, pon-dok pesantren (ponpes) di Gunungkidul terus berupaya memberi manfaat kepada sesama. Seperti dilakukan Ponpes Al-Hikmah, Karangmojo yang siap melayani pengobatan segala penya-kit kepada masyarakat luas.Pengasuh Ponpes Al Hik-mah Harun Al Rosyid mengatakan warga tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan. Sebab untuk menuju kesembu-han, ponpes tidak mema-tok biaya. “Pasien hanya kami kenakan infak seik-hlasnya,” kata Harun Al Rosyid saat launching Rumah Sehat Jantung dan Ginjal, Minggu (14/12).
Dia menjelaskan pe-ngobatan yang dilakukan menggunakan resep ala Nabi Muhammad SAW. Selain itu juga ditangani oleh para ahli. Atas izin Allah semua penyakit bisa disem-buhkan. “Kita sudah menyiapkan tenaga ahli pe-ngobatan baik pria atau perempuan,” terangnya.Selain rumah sehat, kata Harun, ponpes juga mem-buka kelas pendidikan anak usia dini (Paud). Ma-syarakat umum bisa mendaftarkan anak-anak untuk bersekolah di pondok. Usai mengikuti kegiatan belajar mengajar, anak didik tidak harus tinggal di ponpes. “Boleh pulang ke rumah masing-masing. Tidak ada keharusan untuk mondok,” terangnya.
Sementara itu, tenaga ahli rumah sehat Puwowi-dodo mengatakan sengaja tidak memberi nama rumah sakit. Sebab tujuan didirikannya rumah se-hat adalah membuat orang sehat, bukan sakit. “Sengaja kami beri nama rumah sehat, bukan rumah sakit,” ucapnya sembari melepas senyum.Mengenai metode penyembuhannya, Puwowi-dodo menjelaskan ada obat murah dan efektif yakni, bekam. Bekam adalah metode penyembuhan dengan mengeluarkan darah kotor. “Penyakit jantung dan ginjal dipicu karena pola makan dan konsumi obat kimia yang tidak beraturan. Pengobatan kami sudah ter uji. Insyaallah sembuh,” ucapnya. (gun/ila/ong)

Kulonprogo