HENDRI UTOMO/RADAR JOGJA
TEROBOSAN: Pengumuman 10 nominator pemenang lomba desain batik khas Kulonprogo Geblek Renteng, belum lama ini.
KULONPROGO – Pemenang lomba karya desain busana batik khas Kulonprogo 2014 akhirnya diumumkan. Panitia lomba me-nentukan juara dari empat kategori yang dilombakan, yakni kategori Busana Kerja Wanita, Busana Kerja Pria, Busana Kasual Wanita dan Busana Kasual Pria.
Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Daerah (Dekranasda) Kulonprogo Dr Hj Dwikisworo Setyowireni Sp A (K) mengung-kapkan lomba kali ini digelar dalam rangka melestarikan seni budaya batik. Sekaligus mempromosikan Batik Geblek Renteng sehingga dikenal lebih luas ke tingkat nasional maupun internasional.
“Lomba ini juga bertujuan meng-gali ide dan kreativitas masyarakat, dan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik. Disamping itu dapat memperbanyak khazanah batik di Kulonprogo.
Lomba diikuti 107 peserta yang terbagi dalam empat kategori,” ungkapnya, kemarin (22/10)Wakil Bupati Kulonprogo Sutedjo mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak, sehingga dengan lomba ini karya batik khas Kulonprogo semakin dikenal dan disukai masyarakat.
Menurut Sutedjo untuk mem-perkenalkan batik khas memang perlu terobosan. Kegiatan ini diharap mampu mempercepat pemasaran dan semakin mening-katkan daya tarik pasar terhadap batik Kulonprogo. “Sehingga sederajat dan mampu bersaing dengan batik lainnya yang sudah eksis terlebih dahulu. Dan dapat mengangkat perekonomian ma-syarakat Kulonprogo,” ujarnya.
Ketua Tim Juri sekaligus Ketua Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Lia Mustafa mengaku bangga dengan Lomba Karya Desain Busana Batik Khas Kulonprogo ini Terlebih lomba ini juga diikuti oleh desainer dari berbagai generasi baik dari Kulonprogo, DIJ dan sekitarnya.
“Ajang ini sangat membang-gakan kami, melihat animo ge-nerasi muda sangat tinggi untuk ikut melestarikan budaya bangsa,” ucapnya.Proses penjurian dilakukan di Java Grand Ball Room Jambuluwuk Malioboro Boutique Hotel Jogja-karta, Sabtu (18/10) lalu. Ada sepu-luh pemenang dari empat kategori yang dilombakan. (tom/ila/ong)

Kulonprogo