Ratusan Peserta Bersepeda dan Berwisata di Gunungkidul

GUNUNGKIDUL – Pemadangan alam Gunung Api Purba benar-benar menarik perhatian Dinas Pariwisata DIJ. Gunung Api Purba yang terletak di Desa WisataNglanggeran, Patuk, Gunungkidul tersebut diupayakan menjadi destinasi wisata petualangan.
Untuk menggenjot Gunung Api Purba sebagai destinasi wisata petualangan, Dinas Pariwisata DIJ menggelar sepeda santai melalui agendaNglanggeranMountain Bike 2014 beberapa waktu lalu. Kegiatan ini menjadi salah satu cara untuk lebih mengenal kawasan yang kini juga dilengkapi dengan kebun buah dan juga embung buatan tersebut.
Dalam kegiatan itu, pelataran parkir kebun buahNglanggerandipadati pecinta sepeda. Sedikitnya 600 peserta berbaur dalam agenda olahraga bersepeda di areal pegunungan tersebut. Mereka berasal dari dari penjuru DIJ. Bahkan, ada yang datang dari Magelang, Jawa Tengah.
Untuk kelas mountain bike (MTB) diikuti sebanyak 500 peserta. Mereka harus menyelesaikan track berat dan ringan sejauh 22 kilometer. Track dimulai dengan turunan tajam atau dikenal dengan down hill. Ada pula track yang naik dengan kemiringan mencapai 45 derajat.
“Peserta dituntut tangguh dalam menguasai sepeda karena memang track berat dan mudah kita bagi menjadi 50 banding 50,” ungkap Sugeng Handoko, panitia lokal, saat pembukaan acara.
Para peserta tak hanya mengikuti sepeda santai. Mereka juga dapat, menikmati beberapa destinasi yang disiapkan panitia. Selain keindahan pemandangan Gunung Api Purba, juga ada Telaga Kemuning di Desa Beji.
Begitu pula track-track yang menantang untuk diterabas di Desa Bunder yang banyak menyuguhkan panorama hutan. Ini menjadi track yang mampu menguji adrenalin penggila sepeda MTB.
Edi, salah satu peserta dari Wonosari, mengaku harus menuntun sepedanya lantaran tak kuat menanjak. Kendati demikian, dia begitu bersemangat dan sangat menikmati agenda olahraga ini.
Wow, benar-benar menantang track yang disediakan ini. Saya acungi jempol pokoknya,” ucapnya.
Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIJ Arya Nugrahadi mengaku sangat senang dengan event yang baru pertama kali digelar ini. Target peserta ditetapkan maksimal 400 orang. Ternyata, antusias warga begitu besar. “Pesertanya sampai 700-an,” katanya.
Diakui Arya, dengan agenda ini, upaya mengembangkan dan mengenalkan destinasi wisata akan lebih maksimal. Ini lantaran para pecinta sepeda akan bercerita mengenai pengalamannya selama berada di berbagai objek yang dilaluinya selama mengikuti mountain bike ini.
“Kita akan terus kembangkan agenda ini,” ulasnya. Arya melanjutkan, untuk event besar ini pihaknya sengaja membagi dalam dua kategori. Kategori pertama adalah untuk MTB yang ternyata diminati banyak peserta. Sedangkan kategori funbike diikuti sekitar dua ratus peserta. Rutenya menempuh jarak 8 kilometer dengan melintasi jalan yang halus. (gun/jko)

Kulonprogo