PURWOREJO – Pendaftaran Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/SMK telah berakhir (21/6) lalu. Namun sejumlah sekolah negeri yang ada di pinggiran kota masih ada yang kekurangan kuota siswa.Kendtai demikian, Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olaraga (Disdikbudpora) Kabupaten Purworejo sejak awal telah menghimbau kepada sekolah-sekolah negeri, agar tidak menerima peserta didik diluar batas waktu pendaftaran PPDB. “Sekolah tidak diperkenankan untuk memperpanjang waktu pendaftaran walaupun jumlah peserta didik yang ada bekum memenuhi kuota,” ujar Drs H Muh Wuryanto MM, Kepala Disdikbudpora Purworejo, (25/6)
Dijelaskan Wuryanto, kebijakan atau atruan itu dibuat untuk memberikan kesempatan bagi sekolah-sekolah swasta agar mendapatkan peserta didik. Biasanya, sekolah negeri yang ada di pinggiran kota sering jadi kekurangan siswa. Ketika itu diinformasikan dan masih membuka kesempatan, maka dipastikan calon siswa yang tidak lolos di sekolah negeri kota akan berbondong-bondong mendatanginya. “Kalau sudah begitu kasihan sekolah swastanya,” jelasnya.
Menurut Wuryanto, hingga batas akhir pendaftaran siswa SMA/SMK di Kabupaten Purworejo, pihaknya mengaku belum menerima laporan dari sekolah-sekolah negeri terkait kekurangan siswa. “Saya belum mendapat laporan ada sekolah negeri yang kekurangan siswa. Ya saya harapkan semuanya telah mencukupi. Dan yang belum tertampung di negeri bisa sekolah di swasta. Toh sekolah-sekolah swasta di Purworejo juga tidak kalah bagusnya dengan sekolah negeri,” ujarnya. (tom)

Kulonprogo