alexametrics

Ketidakmampuan Bayar Ditentukan Pengadilan

Polemik ketidakmampuan PT Angkasa Pura 1 dalam pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Yogyakarta International Airport (YIA) semakin disorot banyak pihak. Kalangan legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN) bahkan mendorong supaya bupati menolak pengajuan keringanan yang diminta oleh pengelola bandara.

AP 1 Terancam Denda Rp 560 Juta per Bulan

Sejak beroperasi Maret 2020 lalu, belum banyak kontribusi Yogyakarta International Airport (YIA) untuk peningkatan pendapatan aslid aerah (PAD) Kulonprogo. Bahkan pemkab PT. Angkasa Pura (AP) 1 terancam denda Rp 560 juta per bulannya.

Rusdi Batal Jadi Tersangka

Sidang praperadilan kasus dugaan korupsi GOR Cangkring yang melibatkan pejabat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo Rusdi Suwarno resmi diputuskan. Rusdi yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulonprogo dinyatakan batal penetapannya oleh hakim Happy Tri Sulistiyono.

Tari Gelang Projo Jadi Identitas di Bukit Menoreh

Tiga kabupaten di kawasan perbukitan menoreh yakni Kulonprogo, Magelang dan Purworejo mengenalkan tarian yang nantinya akan menjadi identitas bagi ketiga wilayah tersebut. Tarian bernama Gelang Projo itu resmi dikenalkan kepada publik di Kawasan Tugu Malioboro, Yogyakarta International Airport (YIA), Senin (29/11).

YIA Ajukan Keringanan Pajak ke Pemkab

Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Yogyakarta International Airport (YIA) ke Pemkab Kulonprogo terkendala lantaran situasi pandemi Covid-19. Meski pemerintah setempat memberi keringanan pembayaran pajak, namun belum juga dibayarkan pihak bandara.

Soroti Spesifikasi Pembangunan GOR Cangkring

Kasus dugaan korupsi yang dilakukan dalam proses pembangunan GOR Cangkring di Kapanewon Wates, Kulonprogo disoroti kalangan legislatif. Komisi III DPRD Kulonprogo khawatir pembangunan yang tidak sesuai spesifikasi bisa berdampak pada pendeknya umur bangunan.

JCW: Berhentikan Sementara Pejabat Disdikpora Kulonprogo

Kasus dugaan korupsi yang melibatkan pejabat di Dinas Pendidikan Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kulonprogo mendapat sorotan dari Jogja Corruption Watch (JCW). Organisasi pengawas kasus korupsi di Jogjakarta itu mendorong agar pejabat pemerintahan yang terlibat kasus korupsi segera ditahan, mengundurkan diri atau diberhentikan sementara.

Pejabat Disdikpora dan Penyedia Jasa Jadi Tersangka

Pembangunan gedung olahraga (GOR) Cangkring Kulonprogo sejak 2018 lalu diketahui menimbulkan polemik. Salah satunya dugaan kasus korupsi dalam proses pembangunan fasilitas olahraga yang berada di Kapanewon Wates itu. Diketahui, Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulonprogo kini telah menetapkan dua tersangka dalam kasus tersebut.

Tujuh EWS Tsunami di Pesisir Kulonprogo Rusak

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo mencatat setidaknya ada tujuh Early Warning System (EWS) atau sistem peringatan dini bencana tsunami yang rusak. Saat ini, instansi tersebut tengah mengajukan permohonan perbaikan kepada pemerintah di tingkat provinsi.

Tak Punya Anggaran, Tunggu SK Bupati

Di Kulonprogo, lambannya penanganan dampak bencana fenomena La Nina di Kulonprogo diketahui lantaran instansi terkait tidak memiliki anggaran serta adanya aturan dari birokrasi dari pemerintah setempat. Untuk penerjunan alat berat saja, BPBD Kulonprogo harus menunggu Surat Keputusan (SK) Tanggap Darurat dari Bupati karena tidak memiliki anggaran penanganan bencana secara langsung.

Lebih Dekat dengan Tiara Yogiarni, Buka Les Gratis bagi Siswa di Pelosok

Tiara Yogiarni,27 seorang pegawai honorer di Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kulonprogo mungkin bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang. Di sela kesibukannya sebagai pegawai kontrak, ia selalu meluangkan waktu untuk membuka les gratis bagi anak-anak di daerah pelosok. Hal itu dia lakukan agar anak-anak tetap maksimal menerima materi pelajaran selama pembelajaran daring.

Berharap Percepat Distribusi Vaksin

Gugus Tugas Penanganan Covid-29 Kulonprogo berharap agar pelaksanaan dan distribusi vaksin bagi anak usia dibawah 12 tahun bisa dipercepat. Hal itu merujuk cukup banyaknya temuan kasus terkonfirmasi positif pada anak-anak di jenjang sekolah dasar (SD).

Warga Keluhkan Bantuan Alat Berat Lamban

Penanganan bencana tanah longsor yang terjadi di wilayah kabupaten Kulonprogo dinilai lamban oleh masyarakat. Contohnya yang terjadi di Kalurahan Jatimulyo Kapanewon Girimulyo. Beberapa pihak pun mendorong agar bisa dilakukan percepatan.

Antisipasi Peredaran Narkoba di Pedesaan

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIJ menyebut kabupaten Kulonprogo merupakan wilayah yang cukup rawan terhadap potensi peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

Siswa Terkonfirmasi Positif Jadi 65 Orang

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo kembali mencatat penambahan jumlah siswa yang terkonfirmasi positif dari hasil swab acak atau surveilans Pembelajaran Tatap Muka (PYM) Terbatas di wilayah tersebut. Selama lima hari pelaksanaan surveilans total sudah 65 siswa yang terkonfirmasi positif.

Lahan Tergenang, Kualitas Turun, Harga Anjlok

Fenomena hujan deras yang terus terjadi dalam beberapa terakhir ini cukup berdampak aktivitas pertanian. Khususnya aktifitas petani cabai di Kulonprogo, banyak petani di wilayah kapanewon Wates merugi lantaran lahannya terendam air.

Polemik Sawah, Nenek Dianiaya Tetangga

Seorang nenek bernama Subariyah,57 menjadi korban penganiayaan tetangganya sendiri karena polemik lahan garapan. Korban ditampar pada bagian pipi kiri hingga mengalami luka lebam.