Radar Jogja – Menikmati kopi di kafe dengan makanan atau cemilan kekinian sudah menjadi hal yang lumrah. Namun Ketemu.co Kopi & Roastery yang berada di Jalan Mangkuyudan No.2, Mantrijeron, Kota Jogjakarta ini menyuguhkan aneka makanan yang berbeda yaitu kuliner khas Keraton.

Sang owner Nurwidi Rukmana Jati Saputra atau yang akrab disapa Thithut menjelaskan, dirinya ingin menghidupkan kembali kuliner tradisional yang ada di Keraton. Tentu dengan resep originalnya di kalangan anak muda saat ini.

“Makanan ini kami buat dengan resep turun temurun dari Hamengku Buwono II dan III, seperti Soto Bale Mataram, Kongos, Bir Jawi, Mangut Lele. Untuk signature-nya sendiri kami punya Bajigur Latte dengan kopi Menoreh,” jelasnya dalam grand opening  Ketemu.co Kopi &Roastery beberapa waktu lalu.

Soto Bale Mataram merupakan soto dengan kuah yang dibuat dari kuning telur dengan isian sayuran dan putih telur. Sedangkan kongos adalah ketan putih yang di atasnya diberi gula jawa. Kemudian Bajigur Latte merupakan wedhang bajigur yang dipadukan dengan espresso based dan susu sebagai latte-nya.

Ketemu.co Kopi & Roastery juga menggunakan bahan-bahan kopi hasil roasting sendiri.

Thithut mengaku, nama Ketemu.co ini memiliki makna yang mendalam yakni tempat untuk bertemu hal-hal yang baik. Misalnya ketemu teman, rejeki, kebahagiaan, bahkan jodoh.

Untuk menu makanan dan minuman sendiri dijual mulai harga Rp 17 ribu- Rp 53 ribu. Tak hanya makanan, konsep tempat pun dilengkapi dengan ornamen dan furnitur Jawa seperti ukiran-ukiran dan lukisan kuno. Kafe yang memiliki luas sekitar 800 m² dengan kapasitas 60 orang ini buka setiap hari mulai pukul 09.30-23.59. (*/ita/tif)

 

Kuliner