WAHYU METASARI/RADAR JOGJA
IKAN AIR TAWAR: Jayakarta Hotel mengelar festival kuliner pasar ikan dan bebakaran. Acara yang diselenggarakan di pelataran hotel ini mengangkat ikan air tawar sebagai menu utamanya.

*Bebas Memilih Menu dan Sambal

MENIKMATI ikan bakar atau goreng di rumah makan tentu sudah biasa. Namun apa jadinya jika menu kaya protein ini dinikmati di hotel berbintang, tentu membawa sensasi tersendiri. Terlebih ada beragam jenis ikan yang diolah menjadi menu yang menggoda lidah.
BERANGKAT dari fenomena inilah, Jayakarta Hotel mengelar festival kuliner pasar ikan dan bebakaran. Acara yang diselenggarakan di pelataran hotel ini mengangkat ikan air tawar sebagai menu utamanya. Ikan yang ditawarkan meliputi, nila, lele, gurameh, emas, bawal, wader, dan belut.
Berbagai aneka masakan dihadirkan dalam festival ini. Mulai dari ikan goreng, bakar, pepes, dan mangut. Peserta yang datang tak hanya tamu yang menginap, tetapi juga masyarakat umum baik anak-anak, remaja, dan dewasa.
Sales Admin sekaligus Public Relations Tabitha Okataviana mengatakan, dalam festival kali ini Jayakarta Hotel mengandeng warga di Dusun Tambakbayan sebagai pemasok ikan. Selain itu, juga memanfaatkan beberapa kolam ikan yang dimiliki hotel. “Jadi bisa dibilang, ikan yang kami jual hasil dari kolam sendiri. Acara ini berlangsung pada Sabtu (2/5) lalu,” terangnya, kemarin.
Tabitha, sapaannya, mengungkapkan, dalam festival kali ini semua ikan yang disediakan adalah ikan segar. Berbeda dengan festival ikan yang pernah ada, di sini para pengunjung diberi kebebasan untuk untuk memilih sendiri ikannya. Bahkan mereka juga dapat melihat sendiri proses masaknya, mulai dari pembersihan hingga pengolahan.
Tak hanya makanan, festival ini juga menawarkan berbagai macam jenis minuman seperti wedang jahe dan secang. “Walaupun olahan ikan terdengar biasa saja, namun rasa tiap hidangannya berbeda dengan masakan sejenis di tempat lain. Karena standar rasa dipantau langsung oleh Executive Chef Jayakarta Hotel Subarna,” tuturnya.
Meski diadakan di hotel berbintang, harga makanan dan minuman yang ditawarkan sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 20 ribu nett per porsi. Harga tersebut sudah termasuk nasi, sambal, lalapan, dan minum.
Dia menerangkan, untuk sambalnya, ada empat varian. Sambal matang, sambal matah, sambal bawang, dan sambal colo-colo. Sedangkan nasinya ada nasi putih dan nasi gurih pedas spesial dari Jayakarta. “Selain menikmati ikan, para pengunjung juga dihibur oleh sajian lagu karya Koes Plus ala tim Jayakarta,” terangnya. (sce/met/ila/ong)

Kuliner