RADAR JOGJA – Jajaran Polres Sleman bersama Polda DIJ masih terus berupaya mengusut tuntas kasus pengeroyokan Tri Fajar Firmasnyah. Terakhir, dua pelaku diamankan dan telah dijadikan sebagai tersangka. Sementara masih ada 5 terduga pelaku yang berstatus buron.

Kabid Humas Polda DIJ Kombes Pol Yuliyanto memastikan pihaknya bertindak cepat. Disatu sisi dia juga meminta para terduga pelaku menyerahkan diri. Termasuk yang terlibat dalam penganiayaan terhadap Tri Fajar Firmansyah.

“Belum ada (update). Kemarin sudah saya sampaikan yang merasa memukuli menyerahkan diri, kan gitu. Sampai sekarang belum ada yang datang (menyerahkan diri),” jelasnya saat ditemui di Mapolda DIJ, Kamis (4/8).

Sementara itu Kepala Divisi Humas Jogja Police Watch (JPW) Baharuddin Kamba meminta kasus diusut secara tuntas. Menurutnya para pelaku harus diproses hukum secara adil, transparan dan profesional. Dia berpesan agar tak ada pelaku yang dilindungi apalagi terlepas dari jeratan hukum.

“JPW berharap tak ada intervensi dari pihak manapun atas kasus ini. Jika perlu, pihak Mabes Polri melakukan supervisi atas proses hukum penyelidikan atau penyidikan yang sedang berproses di Polres Sleman,” tegasnya.

JPW juga meminta adanya evaluasi secara komprehensif dari jajaran kepolisian terhadap kejadian ini. Tujuannya agar tak lagi terjadi hal-hal serupa di kemudian hari.

“Mudah-mudahan kejadian yang sama tidak terulang lagi, dan jangan lagi ada korban. Tidak ada sepak bola seharga nyawa manusia,” ujarnya. (isa/dwi)

Hukum Kriminal