RADAR JOGJA – Unit Reskrim Polsek Berbah berhasil menangkap satu tersangka kasus penipuan atau penggelapan. Pelaku adalah seorang perempuan berinisial R. Aksinya berupa menggadaikan lima unit mobil rental milik Amin Susilo.

Kapolsek Berbah AKP Parliska Febrihanoto menjelaskan ada lima unit dengan empat merek kendaraan mobil yang digadaikan oleh pelaku. Mobil-mobil tersebut yakni Suzuki Ertiga, Kijang Inova, Avanza, dan dua unit Xpander. Waktu perentalan mobil medio Januari 2022. Lokasi rental di Desa Jogotirto, Kapanewon Berbah, Sleman.

“Selama beberapa hari pelaku melaksanakan rental kendaraan, kemudian dari rental kendaraan itu selama satu bulan dilaporkan bahwa kendaraan itu digadaikan,” jelas Parliska saat jumpa pers di Polsek Berbah, Selasa (8/3).

Parliska mengatakan total uang yang didapatkan pelaku dari hasil gadai yakni sebesar Rp. 200 juta. Kepada petugas pelaku mengaku uang tersebut untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.

“Yang bersangkutan punya usaha batik,” kata Parliska.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 378 dan atau 372 KUHP. Dengan ancaman empat tahun kurungan penjara. Sementara alibi tersangka perekonomian tersendat akibat pandemi Covid-19.

“Apapun yang terjadi dari pandemi ini harapannya kita taat dengan aturan hukum yang berlaku,” ujar Parliska. (isa/dwi)

Hukum Kriminal