RADAR JOGJA – Nekat, kata ini pas disematkan kepada Supandi. Pria berusia 46 tahun ini nekat merampok toko pakaian seorang diri. Hasilnya dia berhasil menggondol 15 roll kain jins, uang kas sebesar Rp 500 ribu, sebuah gawai Xiaomi Redmi S2, sebuah monitor komputer beserta keyboar dan mouse, 10 celana jeans, 2 buah manekin dan satu unit perekam CCTV.

Aksi ini berlangsung di Toko Eagle Jeans yang beralamatkan Jalan Wahid Hasyim, Condongcatur Depok Sleman. Kejadian baru diketahui oleh karyawan toko pada 08.45 WIB, Sabtu (4/9). Diketahui dari rantai pengunci pintu toko yang telah rusak.

“Tersangka ini juga membawa satu buah genset Krisbow 3800 watt. Memanfaatkan waktu lengah dengan melakukan pencurian saat kondisi di sekitar toko masih sepi. Modalnya cuma obeng sama tang,” jelas Kasatreskrim Polres Sleman AKP Ronny Prasadana ditemui di Mapolres Sleman, Selasa (26/10).

Aksi warga Klaten Jawa Tengah ini terbilang mulus. Terbukti tidak ada warga sekitar toko yang menyadari aksinya. Padahal tersangka menggondol cukup banyak barang dari toko tersebut.

Supandi juga memiliki trik jitu dalam membawa barang curiannya. Dengan menggunakan Toyota Yaris untuk mengangkut barang-barang tersebut. Dia juga memesan jasa transportasi online.

“Jadi pesan jasa transportasi online untuk membawa. Sikapnya sangat biasa sehingga tidak memancing kecurigaan pengemudi online,” katanya.

Pria yang kesehariannya berprofesi sebagai buruh ini berhasil terdeteksi polisi. Selang sebulan, Supandi terdeteksi menginap di Wisma Kembar jalan Kaliurang Pakem Sleman. Akhirnya pelaku disergap dan berhasil ditangkap Selasa dini har (12/10) tepatnya 02.00 WIB.

Ronny memastikan masih melakukan penyidikan terhadap Supandi. Guna mendalami adanya kemungkinan jaringan. Termasuk penjualan barang curian atas sejumlah kejahatan sebelumnya.

“Penyidikan masih akan terus lanjut. Untuk tersangka kami jerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun,” tegasnya. (dwi)

Hukum Kriminal