RADAR JOGJA- Seorang bayi berjenis kelamin laki-laki diduga hasil hubungan gelap ditemukan sebuah kos di Padukuhan Kranggan RT 03 RW 06 Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, Kamis (4/3) sekira pukul 17.15 WIB. Beruntung bayi mungil  tersebut masih hidup.

Kapolsek PrambananKompol Rubiyanto menjelaskan,” Bayi tersebut ditemukan di kos-kosan milik Tina di wilayah Kranggan Kalurahan Bokoharjo  Prambanan. Bayi pertama kali oleh Sumini 42, didalam boks di depan kamar milik penghuni lain.

Mengetahui hal itu, saksi langsung menghubungi petugas Polsek Prambanan. Petugas piket Polsek Prambanan yang mendapatkan adanya informasi tersebut langsung bergegas ke lokasi kejadian untuk selanjutnya melakukan olah kejadian perkara dan memeriksa para saksi.

Kondisi bayi pada waktu ditemukan dalam posisi telanjang tanpa alas kain dan tali pusar masih ada,” jelasnya, Jumat (5/3).

Sementara itu Kanit Reskrim  Polsek Prambanan Tito Satria menuturkan,”Bayi tersebut ditemukan di kos-kosan milik Tina di wilayah Kranggan Kalurahan Bokoharjo Prambanan. Bayi pertama kali oleh Sumini 42, didalam boks di depan kamar milik penghuni lain.

Saat berada di lokasi kejadian, petugas melakukan introgasi yang diduga FA warga Berbah, Sleman, yang diduga ibu kandung daripada bayi tersebut. Namun pada saat diintrogasi, pelaku tidak mengakui bahwa bayi tersebut anak yang baru saja dilahirkan.

Setelah diperiksa, bayi yang ditemukan bersama dengan yang diduga ibu dari bayi langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIJ, tambahnya.

Setelah sampai di rumah sakit yang diduga ibu dari bayi diinterogasi oleh dokter. Dari pemeriksaan diperoleh keterangan bahwa ibu tersebut mengakui bahwa bayi itu adalah anaknya yang baru saja dilahirkan hasil hubungan gelap dengan pria lain,”katanya.

Pelaku sengaja membuang bayi karena tidak sanggup atau mampu merawat bayi yang telah dilahirkan dengan harapan bayi tersebut ditemu oleh warga atau seseorang. Bayi dilahirkan sehat dengan berat 2.550 gram, panjang 47 cm, lingkar kepala 35 cm, lingkar dada 33 cm, dan lingkar lengan atas 11 cm.

Untuk statusnya bukan suami istri yang sah, baru pacaran. Terkait pemeriksaan, ibu dari bayi masih diobservasi dari medis 1×24 jam sambil menunggu hasilnya. Sementara masih dilakukan BAP terhadap saksi. Rencana setelah BAP saksi, baru meriksa ibunya dari bayi,” ujarnya. (sky)

Hukum Kriminal