RADAR JOGJA- Tawuran antar geng pelajar terjadi di Jl Laksda Adisucipto (depan hotel Saphir). Mengakibatkan 2 korban Derry dan Danar,  warga Sleman mengalami luka berat. Sementara 6 pelaku berhasil diringkus Tim Opsnal Polresta Jogjakarta dan 4 pelaku lain masih buron.

Kasat Reskrim Polresta Jogjakarta Kompol Riko Sanjaya mejelaskan, kejadian terjadi pada 2 Desember 2020. Ke-6 pelaku yakni, BP, MX, Al, Wj, AP, AC yang tergabung dalam ‘Geng Sorjem’. Kejadian berawal ketika Al mendapat tantangan tawuran dari ‘Geng BBC’.

Lantas Al menghubungi teman-temannya untuk tawuran di Jl Laksda Adisucipto. “Rombongan korban pun datang ke lokasi. MX pun mengayunkan gir kearah korban dan mengenai tangan korban. Rombongan korban lantas melarikan ke arah barat. Pelaku Wj sempat mengayunkan mata gergaji ke arah korban, namun tidak kena,” katanya, Selasa (2/3).

Riko menambahkan,”  Dari 6 pelaku  2 pelaku masih berstatus pelajar dan ditetapkan sebagai Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum.

Polisi mengamankan 1 kaos, 1 jumper, 1 motor N-Max. Kepada para pelaku menetapkan  Pasal 76 C Jo Pasal 80 ayat (2) Undang-Undang Perlindungan Anak No.35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan atau Pasal 170 KUHP ayat (2) ke 2e, tentang tindak pidana kekerasan terhadap orang lain yang menyebaban terluka. Dengan ancaman maksimal 5 tahun penjara,”tambahnya. (sky)

Hukum Kriminal