SLEMAN – Polsek Mlati membekuk pencuri spesialis brankas. Empat dari lima tersangka telah ditahan di sel Mapolsek Mlati. Mereka adalah HH, 41; M, 38; M, 51; dan N, 28. Satu tersangka masih dicari.

Kapolsek Mlati, Kompol Yugi Bayu Hendarto mengatakan, keempatnya pemain lama. Mereka pernah tertangkap di Jakarta Utara. Keempatnya perampok lintas provinsi.

“Mereka beraksi di Jalan Magelang KM 7,8 Sendangadi, Mlati. Targetnya perusahaan yang minim penjagaan. Lalu membawa brankas berisi uang Rp 100 juta,” kata Yugi, Kamis (3/1).

Pembobolan tergolong rapi. Mereka berbagi peran. HH dan M sebagai driver. Eksekutor dilakoni M, N dan B.

Persiapan dilakukan sebelum beraksi. Gunting baja digunakan untuk memotong gembok. Lalu mobil pelaku diparkir di sisi dalam perusahaan menghadap jalan.

Usai masuk, pelaku menjebol gembok. Alatnya berupa kunci L modifikasi. Linggis digunakan menjebol pintu.

“Pemilik perusahaan mengatakan kerusakaan terjadi pada gerbang depan, rolling door hingga pintu ruangan. Pelaku juga menggasak ruangan yang terdapat rekaman CCTV,” katanya.

Kanit Reskrim Polsek Mlati, Iptu Made Wira Suhendra mengatakan, perburuan pelaku juga lintas provinsi. Mulai dari Jakarta, Banyumas hingga Magelang. M telah diamankan Polresta Magelang.

Jajarannya berhasil menemukan brankas. Dibuang tersangka di Magelang. Isinya dibagi rata, masing-masing Rp 20 juta.

“Pelaku berpindah-pindah. Mereka dikenai Pasal 363 KUHP. Ancaman hukuman tujuh tahun,” ujar Made. (dwi/iwa/by)

Hukum Kriminal