JOGJA – Dua buah bajaj warna biru berjejer di lobi Hotel Tentrem. Di masing-masing bagian kaca depan bajaj, tertera tanda tangan berwarna keemasan milik Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan wakilnya Jusuf Kalla (JK).Bajaj yang kabarnya baru digunakan sebulan oleh pemiliknya tersebut kini tampak terlihat kinclong. Beberapa stiker bertuliskan nama hotel dan produk-produk PT Sido Muncul menghiasi sejumlah sisi-sisi bodi bajaj.Presiden Direktur PT Sido Muncul sekaligus pemilik Hotel Tentrem Irwan Hidayat menilai kedua bajaj tersebut memiliki nilai sejarah. Sebagai kendaraan yang digunakan oleh pasangan Jokowi-JK mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu. Apalagi pada akhirnya, kedua pasangan tersebut meraih suara terbanyak dalam pemilu presiden. “Kalau bajaj tersebut digunakan oleh pemiliknya terus bisa rusak. Ada baiknya ditempatkan di hotel ini karena ada yang merawat,” terang Irwan disela-sela peluncuran Bajaj Jokowi Senin (8/9) kemarin.
Irwan mengaku tidak pernah memprediksi bila Jokowi-JK memenangkan perhitungan suara dalam Pilpres 2014. Diakui, Irwan, bajaj tersebut memiliki nilai sejarah karena turut andil dalam proses terpilihnya Jokowi-JK menjadi presiden dan wakil presiden. Untuk mendapatkan kedua bajaj tersebut, Irwan mengungkapkan harus merogoh kocek sebesar Rp 280 juta. Uang tersebut untuk membeli dua bajaj yang masing-masing bajaj seharga Rp 120 juta serta memberikan uang tunai kepada pemilik sebesar Rp 20 juta. “Pemiliknya juga saya ajak main iklan dan sudah akan tayang,” ungkapnya. Dengan adanya bajaj tersebut, Irwan berharap dapat menjadi magnet tersendiri bagi Hotel Tentrem sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk menginap di hotel. Siapa saja, nantinya diperkenankan untuk berfoto dengan bajaj tersebut.
Menurut Irwan mengoleksi bajaj yang pernah digunakan tokoh tertentu jauh lebih unik ketimbang dengan yang menggunakan mobil mewah. Selain memiliki nilai sejarah, tidak semua tokoh memanfaatkan bajaj dalam momen-momen tertentu. “Semoga dengan diletakkannya bajaj di Hotel Tentrem aura sukses presiden terpilih sekarang menular ke hotel ini,” harapnya.Sementara itu, Wali Kota Jogja Haryadi Suyuti berharap hadirnya bajaj tersebut bisa menjadi tambahan ikon bagi pariwisata Jogja. “Ini ide berlian dengan mendatangkan ikon Jakarta (bajaj) ke Kota Jogja. Hotel-hotel lain bisa mencontoh menempatkan kekhasan Indonesia yang unik di dalam hotel,” jelasnya Haryadi. (bhn/ila)

Kombis