JOGJA– Pada bulan Ramadan peningkatan trafik data, sms maupun voice pengguna selluler meningkat tajam. Hal ini yang juga dirasakan oleh salah satu perusaha jasa layanan telekomunikasi dan internet PT Smartfren Telecom.Regional Head Smartfren Central Java and Kalimantan, Aris A Martoko mengungkapkan peningkatan trafik data pada saat Ramadan dan Lebaran mencapai 70 persen. Untuk antisipasi lonjakan tersebut Smartfren meningkatkan kemampuan Base Tramsceiver Station BTS baik BTS makro maupun mikro. “Kami melalukan penambahan 100 BTS untul mengcover daerah-daerah blindspot. Selain itu ada 200 BTS yang kami upgrade untuk peningkatan kualitas pelayanan,” jelas Aris dalam kegiatan buka puasa bersama di Eastpark Hotel.
Pada Lebaran tahun ini, jelas Aris, peningkatan yang cukup tajam terjadi pada penggunaan data. Sedangkan untuk smsa dan voice relatif kecil. Dimana penggunaan voice hanya 20-30 persen sedangkan sms tak kurang dari 10 persen.Selain itu, tambahnya, untuk peningkatan kualitas kapasitas jaringan, pihaknya juga melakukan penambahan pada base system controler. Selain itu, Smartfren juga melakukan upgrade pada radio transmission capacity. “Dampaknya meskipun ada lonjakan pengguna layanakan kami tidak akan terpengaruh dan akan tetap lancar menggunakan fasilitas internet,” terangnya.
Selain melakukan peningkatan kapasitas jaringan pelayanan, pada Ramadan ini juga Smartfren memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin memiliki seri smartphone Andromax dengan hadirnya program tradein.Melalui program ini konsumen mendapat potongan harga masing-masing Rp300 ribu untuk pembelian Andromax U2, Andromax U3 Andromax V, dan New Andromax V. Serta potongan sebesar Rp 400 ribu untuk pembelian Smartfran Andromax Z. “Handphone lama yang ditukar bisa berbaga merk. Yang terpenting masih bisa dioperasikan,” jelasnya.
Seperti diketahui penjualan seri Smartphone Andromax sendiri mengalami kenaikan setiap bulannya. Hingga akhir Juni tahun ini tercatat 6,5 juta unit Smartfren Andromax sudah terjual. “Jumlah penjualan tersebut mengalami kenaikan 41 persen jika dibandingkan dengan Juni 2013 berjumlah 4,6 juta unit,” tandasnya.(bhn)

Kombis